Cara Memperbaiki Touchscreen Android Error

Advertisements

Merawat touchscreen merupakan solusi terbaik agar Touchscreen tidak mengalami eror atau kerusakan. Touchscreen sendiri merupakan bagian terpenting pada ponsel android, karena sebagian besar android tidak lagi menggunakan keypad sehingga layar sentuh dijadikan andalan. Namun nyatanya, banyak masalah yang terjadi pada Touchscreen, seperti respon terlalu lambat atau terlalu cepat, sehingga sangat menyulitkan saat digunakan.

Memperbaiki Touchscreen Android Error

Touchscreen merupakan sebuah visual yang dapat mendeteksi secara otomatis terhadap keberadaan sentuhan benda pada layar, dan biasanya menggunakan layar jenis CSTN TFT dan OLED. Dengan teknologi canggih yang digunakan tersebut, akan membuat orang menjadi kagum dan bahkan lebih suka menggunakan ponsel yang didukung touchscreen dari pada yang menggunakan keypad. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka asal menggunakan tanpa mengetahui cara merawat atau cara bekerja touchscreen.

Jika sudah demikian, pastinya mereka akan menganggap jika touchscreen rusak maka ponsel juga tidak dapat digunakan.
Dalam kenyataanya pendapat tersebut salah besar, karena kerusakan pada touchscreen hanyalah pada layar bagian atas dan bukan keseluruhan. Hal ini terjadi karena touchscreen terdiri dari 2 lapisan, yaitu lapisan luar dan lapisan dalam.

Advertisements

Cara mengatasi touchscreen yang rusak

Memperbaiki layar sentuh touchscreen hp eror bukan perkara mudah, karena kerusakan atau terjadinya eror tidak dapat dipastikan. Namun ada beberapa cara untuk mengatasinya, berikut cara mudah nya.
1. Bersihkan layar Hp
Matikan smartphone android, lalu lepas baterai, memori dan kartu SIM agar kapasitor motherboard tidak dapat mengkonsumsi energi. Selanjutnya bersihkan layar Android dengan kain halus yang dibahasi minyak kayu putih. Dengan membersihkan touchscreen secara berkala, dapat menjaga kualitas touchscreen.

Baca Juga  Cara Mengatasi Android Lemot Atau Lambat

2. Touchscreen sensitif atau lambat
Cek dahulu kondisi touchscreen, jika hanya eror dan tidak pecah langsung ke pengaturan telepon.
Pergi ke Setting – Display – dan pilih kalibrasi
Jangan panik, nantinya layar akan blank putih
Selanjutnya klik layar untuk melakukan kalibirasi
Ikuti petunjuk yang diminta sampai kalibirasi tersebut selesai

3. Lakukan Factory Reset
Cara ini merupakan cara terakhir, dan tidak dianjurkan jika data dalam android belum dibackup. Karena nantinya akan membuat android kembali kepengaturan awal dan menghilangkan berbagai aplikasi yang telah terinstall. Tombol untuk melakukan Factory Reset tiap merk ponsel kadang berbeda, nah untuk itu pilih dibawah ini.

  • Volume Up + Home + Power
  • Volume Down + Power
  • Home + Power

Kemudian pilih Wife Data/Factory Reset dengan tombol Volume Down dan tekan home untuk memilih. Kemudian pilih Yes delete all user hingga proses reset selesai. Setelah booting, silahkan periksa lagi kondisi touchscreen.

Advertisements

Demikianlah cara memperbaiki touchscreen yang eror, dan membutuhkan ketelitian saat melakukanya. Jika cara diatas masih tidak dapat mengatasinya, maka anda perlu ke tukang service hp dan service touchscreen hp anda, karena kemungkinan besar touchscreen harus diganti dengan yang baru. Selain cara tersebut masih terdapat cara lain, namun anda harus punya keahlian seperti tukang service karena harus membongkar ponsel. Dan cara tersebut tidak di khusukan bagi yang awam, dan sebaiknya harus dibawa ke service.

tags:

touchscreen tidak sensitif, hp eror, hp eror toskrin, layar sentuh hp samsung error, layar touchscreen error, mengatasi touchscreen yang eror, sensor touchscreen rusak
Baca Juga  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android
Cara Memperbaiki Touchscreen Android Error | marhenk | 4.5