Mempercepat Koneksi Internet di Android

Advertisements

Mempercepat Internet Android – Seperti diketahui, ponsel android merupakan jenis smartphone dan tentunya harus terhubung ke internet. Karena banyak aplikasi yang digunakan membutuhkan koneksi internet, sehingga membuat penggunan mau gak mau harus berlangganan paket internet setiap bulanya. Untuk memilih paket internet, itu sesuai kebutuhan Anda sendiri, bisa anda baca di sini paket internet android.

Mempercepat Koneksi Internet di Android

Namun yang menjadi pertanyaan kenapa tidak bisa mempercepat internet android, meskipun telah berlangganan paket internet dengan harga mahal dan kuota masih banyak, dan kenapa internet yang digunakan masih terasa lambat atau lemot? Hal tersebut mungkin pernah kalian alami saat berselancar didunia maya, seperti browsing, facebookan, nonton video youtube dan lainya. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya tidak mudah, karena banyak faktor yang memperngaruhi kecepatan internet.

Saat ini android telah menggunakan teknologi LTE atau HSPA, jaringan tersebut bisa dikatakan jaringan tercepat. Hal tersebut tidak lantas membuat koneksi internet menjadi cepat, karena faktor lokasi, kualitas jaringan, ataupun kualitas perangkat ponsel sangat berpengaruh. Jika ketiga faktor tersebut saling mendukung, dapat dipastikan koneksi internet akan secepat kilat. Sebagai contoh, bagi anda yang pernah mengunjungi negara korea, jepang atau negara maju lainya, pasti dapat merasakan hal tersebut.

Jika anda ingin menikmati koneksi internet cepat, kalau masih tinggal di Indonesia mungkin akan sulit terwujud. Namun anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips untuk mempercepat internet android.

Tips mudah mempercepat internet android

Disini saya akan memberi sedikit tips mempercepat internet, bukan memberi cara mempercepat internet android. Pada dasarnya, tips dan cara itu mempunyai arti yang berbeda. Nah untuk itu, berikut tips nya.

Baca Juga  Cara Mengatasi HP Terkena Air
Advertisements

1. Pilih operator dan lokasi yang tepat
Ini merupakan faktor yang penting, hal tersebut pernah saya bahas di tips membeli modem terbaik. Pilihlah operator yang memiliki sinyal terbaik dan terkuat di daerah anda. Setiap daerah mempunyai kualitas sinyal yang berbeda, jadi anda jangan ikut-ikutan orang lain untuk menggunakan operator yang mereka gunakan. Sebab, belum tentu operator tersebut cocok di daerah anda. Maka itu jangan paksakan menggunakan operator yang paket internet murah namun sinyal yang di dapat jelek.

2. Paket internet
Secara umum, paket internet ada 2 tipe, paket unlimited dan paket quota. Perbedaanya, paket unlimited masih dapat digunakan walau kuota habis, sedangkan paket quota sudah tidak bisa di gunakan jika kuota habis. Yang menjadi masalah, kebanyakan orang lebih memilih paket internet unlimited, mereka beranggapan agar bisa terus internetan walau kuota habis. Nah jika sudah demikian, jangan mengeluh kalau koneksi internet menjadi super lambat. Jika kuota telah habis pastinya akan kena FUP, sehingga kecepatan akan turun hingga 97% dari kecepatan awal. Untuk saya pribadi, saya lebih suka menggunakan paket kuota untuk berinternetan, sehingga jika kuota habis ya udah. Kalau ada duit beli, kalau tidak ada berarti puasa maen internet, dari pada kena PHP paket unlimited.

3. Perangkat ponsel yang digunakan
Ada pepatah mengatakan, ada harga ada rupa. Ponsel dengan kualitas bagus pasti performa dapat optimal, sedangkan untuk harga murah pasti performa dapat dikatakan seadanya. Jika anda sering maen game online atau membuka browser, kadang sering ngelag dan internet agak lambat saat mengakses? nah karena perangkat yang anda gunakan tidak mendukung. Dan selain itu, apakah ponsel yang anda gunakan telah mendukung HSDPA atau masih EDGE. Jika masih menggunakan EDGE, jangan harap dapat mempercepat internet android.

Baca Juga  Cara Reset Ulang Android Seperti Baru

4. Gunakan browser yang tepat
Browser juga berpengaruh terhapat kecepatan internet. Untuk memilih browser, sebaiknya pilih Opera mini karena browser ini tidak suport dengan flash dan mengkompres konten halaman web yang dibuka. Browser ini sangat cocok bagi anda yang menggunakan paket unlimited ataupun paket kuota. Silahkan buktikan sendiri.

Advertisements

Itulah sedikit tips mempercepat internet, dan jangan percaya terhadap aplikasi mempercepat internet android. Sebab aplikasi seperti itu tidaklah berguna, dan justru malah memperlambat performa android. Seumpama kecepatan internet anda lambat, apakah jika menggunakan aplikasi tersebut akan menjadi kencang? pastinya tidak, sebab mempercepat internet dengan aplikasi hanya mitos yang tidak dapat dibuktikan. Dan tips tersebut tidak hanya untuk ponsel android, tapi juga untuk komputer.

tags:

aplikasi agar tidak terkena FUP pada hp android, kuota banyak tapi lelet, mempercepat kuota unlimited di android, trik mempercepat internet unlimited
Mempercepat Koneksi Internet di Android | marhenk | 4.5