time 1 year yang lalu di topik #Komputer

Mengenal Tentang Perangkat Lunak Komputer

Advertisements

Perangkat lunak computer atau yang biasa kita kenal dengan software, merupakan bagian dalam komputer yang sangat penting. Tanpa adanya software, tidak mungkin kita bisa melakukan aktivitas dengan komputer kita. Software adalah bagian dalam pengaturan komputer yang akan menjalankan program atau apapun yang kita instruksikan ke dalam program tersebut.


Secara bagaimana kita mendapatkan perangkat lunak komputer ini, ada dua cara. Pertama, kita bisa mendapatkannya secara gratis. Kedua, mendapatkannya secara berbayar. Untuk software yang gratis, tentu saja kita mendapatkannya secara Cuma-Cuma tanpa adanya batasan sistem kadaluarsa. Kita juga bisa menggunakannya lebih dari satu kali, hingga berbagi dengan teman yang juga butuh software ini. Berbeda dengan yang berbayar. Sistemnya sangat terbatas. Bahkan, karena ada peraturan yang mengharuskan kita mengamankannya dan tidak menyebarluaskannya. Kita terikat peraturan dan izin terbit. Biasanya kita bisa mendapatkannya di toko software khusus. Mereka menjualnya dan sebagian besar hanya kita saja yang bisa menggunakannya, si pembelinya atau komputer yang kita berikan software tersebut.

Ragam Perangkat Lunak Komputer

perangkat lunak komputer

Berikut ini ada beberapa macam perangkat lunak komputer beserta fungsinya yang harus kita ketahui.

Operating System atau OS. Perangkat lunak ini memiliki tugas sebagai pengatur control dan hardware dalam melakukan operasi dasarnya. Pengaturan tersebut misalnya dalam menjalankan program atau aplikasi pengolahan kata, multimedia player, dan berbagai aplikasi lainnya. Berbagai macam operating system atau OS yang saat ini ada, diantaranya:

Advertisements

– Microsoft Windows. OS  ini merupakan produk dari Microsoft Corp yang di dalam pengembangannya memiliki banyak versi. Mulai dari versi 1.X hingga 3.X dari Windows Desktop Environment, Versi 95, 98, serta ME dari Windows 9x. versi NT 3.x, NT 4.0, 2000, XP, 2003, Vista, 7, 8, hingga Orient yang terbaru dari Windows 10.

– Ada juga Unix

– Terakhir, ada MAC yang merupakan OS untuk produk komputer keluaran Apple yang dikenal dengan Mac.

Software atau perangkat lunak jenis aplikasi merupakan bagian dari kelas perankat lunak komputer yang mengerjakan tugas yang diperintah atau diinginkan oleh pengguna. Perangkat lunak ini bisa kita nikmati  kerjanya seperti dalam media player, pengolah kata, dan lembar kerja.

Ada juga jenis perangkat lunak komputer bahasa pemrograman atau yang dikenal dengan bahasa komputer. Bahasa komputer ini merupakan sistem yang akan membentuk struktur dari perangkat lunak yang akan menjalankan sistem perangkat keras. Tanpa adanya bahasa pemrograman ini seluruh sistem tidak akan berjalan. Bahasa pemrograman ini juga dibagi tingkatan bahasa. Bahasa tingkat rendah sebagai bagian yang berorientasi pada bahasa mesin.

Bahasanya semacam kode-kode yang hanya bisa dipahami oleh mesin yang dijalankannya tersebut. Kodenya berupa angka yang hanya diwakilkan pada angka 1 dan 0 saja.  Kemudian ada bahasa tingkat tinggi yang diperuntukkan bagi mereka yang begitu awam dengan bahasa pemrograman ini, seperti COBOL, BASIC, FOLTRAIN, dan PASCAL.  Terakhir, bahasa generasi keempat atau biasa disebut dengan fourth generation language, 4 GL. Orientasi bahasanya yaitu objek yang sering disebut dengan OOP atau Object Oriented Programming. Contohnya Delphi, Visual Basic, dan Visual C++.

Terakhir, untuk jenis perangkat lunak komputer yang wajib diketahui yaitu Program Bantu atau Utility. Fungsinya yaitu membantu sistem beroperasi seperti membuat backup, mempersiapkan disk, serta memproteksi atau menghapus sistem, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Advertisements

Memang bagi mereka yang awam jarang yang mau tahu masalah perangkat lunak ini. Padahal sangat penting mengingat bagian penting dalam komputer kita adalah software dan hardware.

Mengenal Tentang Perangkat Lunak Komputer | guniwan | 4.5