Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Advertisements

Menghapus Aplikasi Android – Ponsel berbasis Android biasanya kaya aplikasi bawaan yang ditanamkan pada ponsel, masalahnya aplikasi tersebut kadang menggunakan memori yang cukup besar. Akan tetapi, kebanyakan aplikasi semacam itu tidak begitu dibutuhkan pengguna sehingga berniat akan menghapusnya. Namun yang disayangkan, untuk menghapus secara langsung tidak di ijinkan perangkat android karena sudah diproteksi.

Dengan adanya aplikasi bawaan di android, sebenarnya bertujuan agar pengguna tinggal pakai dan tidak perlu menginstall aplikasi lain. Namun jika pengguna akan menginstall aplikasi lain, dapat menyebabkan memori makin penuh dan menjadikan android makin lambat. Salah satu cara adalah dengan menghapus secara paksa menghapus aplikasi android bawaan ponsel agar dapat diganti dengan aplikasi android lain yang bermanfaat.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi android, cara mudahnya dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di play store, dan ponsel android harus sudah di root. Nah untuk itu, berikut merupakan beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan Android. Tapi perlu diperhatikan, pahami dulu aplikasi yang akan dihilangkan dan jangan asal menghapus aplikasi yang terlihat penting.

Cara mudah dan aman menghapus aplikasi android

1. Menghapus aplikasi bawaan dengan System app remover
Ini merupakan aplikasi gratis yang dapat digunakan, namun android di root lebih dulu. Unduh dan install aplikasinya, selanjutkan jalankan System app remover. Disitu akan muncul beberapa aplikasi, selanjutnya ceklist untuk menghapusnya. Dan jika Anda berubah pikiran untuk mengembalikan aplikasi yang telah terhapus, System app remover juga mempunyai fitur untuk merestore atau mengembalikan file terhapus.

Baca Juga  Cara Backup dan Restore SMS di Android
Advertisements

cara menggunakan system app remover

2. Menghapus aplikasi bawaan dengan link2sd
Aplikasi ini dapat Anda nikmati secara gratis, tapi Ponsel harus mempunyai koneksi internet untuh mendownloadnya. Untuk menjalankan aplikasi ini, syarat utama ponsel harus di root. Selain itu partisi sd card juga, agar dapat menikmati berbagai fitur pada aplikasi link2sd. Dan cara menggunakan aplikasi link2sd untuk menghapus aplikasi lain adalah :

  • Buka dan jalankan aplikasi Link2SD, jika SD card telah di partisi nantinya akan muncul menu file system. Saat memilih letak file sistem, akan muncul peringatan untuk meminta ijin Super User, selanjutnya pilih Allow.
  • Cari aplikasi yang akan dihapus, setelah ketemu pilih Action.
  • Selanjutnya akan muncul tab baru, jika sudah yakin langsung saja pilih uninstall.
  • Nantinya akan muncul peringatan lagi, pilih OK untuk melanjutkan proses uninstall.

aplikasi bawaan dengan link2sd

Apakah ada resiko saat menghapus file bawaan android? tidak ada, sebab yang di hapus adalah aplikasinya, bukan file system android.

Advertisements

Demikianlah cara menghapus aplikasi android bawaan ponsel agar memori android menjadi sedikit longgar. Cara diatas sebaiknya dilakukan secara hati-hati, agar aplikasi penting yang diperlukan juga tidak ikut terhapus. Namun jika cara yang Anda lakukan sudah benar tapi ponsel android menjadi Bootloop, berikut ini cara mengatasi bootloop pada Android.

tags:

aplikasi bawaan treq yang boleh di hapus, aplikasi bawaan yang dicopot pada asus, menghapus paksa file android, uninstal paksa app android
Baca Juga  Angka Download Aplikasi Android di Google Play Tembus 15 Milyar
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android | marhenk | 4.5