Cara Menjadikan BlackBerry sebagai Modem

Advertisements

Dalam aktivitas internetan, modem merupakan barang yang sangat penting. Tanpa adanya modem, seseorang akan kesulitan saat akan berinternetan menggunakan Komputer. Memang masih ada cara lain, seperti menggunakan Wi-Fi atau pergi ke warnet. Namun karena alasan tertentu, seseorang lebih suka berinternetan dirumah karena memang sangat aman dan terasa nyaman. Tentu saja sesorang tersebut harus memiliki PC dan juga Modem. Tapi kalau memiliki PC namun tidak menmpunyai Modem, masih bisa menggunakan Ponsel sebagai pengganti modem.

Cara Menjadikan BlackBerry sebagai Modem

Modem sendiri merupakan perangkat keras yang menghubungkan komputer dengan jaringan internet, namun modem juga harus diisi dengan sim card agar dapat digunakan, asal SC tersebut masih memiliki paket data. Untuk lebih jelasnya silahkan baca, cara seting modem di PC. Walaupun harga modem relatif murah, kadang kala banyak yang enggan membelinya, akan tetapi mereka lebih suka membeli Hp BlackBerry. Dan dengan demikian, BlackBerry yang mereka miliki juga dapat di buat menjadi modem dengan cara diseting terlebih dulu.

Dalam upaya menjadikan BlackBerry sebagai Modem cukup mudah, yang harus disiapkan terlebih dahulu software BlackBerry Dektop Manager (BDM) dan kabel data USB. Setelah alat tempur siap, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

Advertisements

Cara setting BlackBerry menjadi modem di komputer dan laptop

  1. Install BlackBerry Desktop Manager, Donload jika belum punya Klik disini.
  2. Sambungkan BlackBerry dengan PC dengan menggunakan kabel data
  3. Bbuka BlackBerry Desktop Manager yang sudah di Install
  4. Masuk ke Control Panel dan pilih Modem Properties atau Phone and Modem Options. Cara ini untuk melihat apakah BlackBerry telah terdeteksi atau tidak.
  5. Akan muncul kotak dialog Modem, dan akan muncul tampilan Standard Modem
  6. Pilih Properties dan Diagnostics, klik Query Modem dan muncul kode ATI1 – Research In Motion / BlackBerry IPmodem
  7. Klik Advanced, tambahkan provider yang akan digunakan pada kolom Extra Initialization Command dengan kode seperti ini
    – at+cgdcont=1, “IP”,”indosatgprs”
    – at+cgdcont= 1, “IP”,”www. xlgprs.net”
    – at+cgdcont= 1, “IP”,”telkomsel”
  8. Klik OK lalu tutup semua kota dialog
  9. Untuk mengkonekan BlackBerry, maka harus membuat koneksi baru dengan klik lambang internet pada pojok kanan bawah, lalu Open Network and Sharing Center. Selanjutanya pilih Set Up New Connection or Network, dan klik Next.
  10. Setelah itu memasukkan nomor telepon yang kamu gunakan, dapat memasukkan *99#. Jika sudah klik tombol Next kembali, klik “Finish”.
Baca Juga  Cara Menambahkan Bahasa Indonesia di BlackBerry
Advertisements

Cara diatas bisa diterapkan pada semua jenis BlackBerry. Dan yang perlu diperhatikan, saat menggunakan BlackBerry sebagai Modem, jangan digunakan terlalu lama, pastinya akan membuat BlackBerry menjadi panas dan nantinya akan menjadi cepat rusak. Walaupun BlackBerry bisa menjadi Modem, pasti juga ada batas pemakaian nya, Jika ingin berlama-lama, sebaiknya menggunakan Modem asli, jangan menggunakan Ponsel yang dijadikan modem.

tags:

Bb 19800 sebagai modem, Bb sebagai modem paket rim, trik pakai paket bb buat modem
Cara Menjadikan BlackBerry sebagai Modem | marhenk | 4.5