Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama

Advertisements

Jika sebelumnya telah membahas cara merawat baterai android, kini membahas tentang cara merawat baterai laptop agar tetap awet. Laptop dan Ponsel memang berbeda, kedua nya menggunakan baterai sebagai sumbernya, namun laptop memiliki kelebihan dapat hidup tanpa adanya baterai. Dan dengan demikian, banyak pengguna laptop enggan menggunakan baterai saat menggunakanya, karena mereka berfikir agar baterai tetap awet. Tapi perlu diperhatikan juga, tanpa menggunakan baterai justru dapat berakibat fatal pada kesehatan laptop.

merawat baterai laptop

Hal tersebut disebabkan aliran arus listrik langsung menuju perangkat laptop, sehingga jika terjadi listrik mati atau tegangan listrik naik turun menyebabkan perangkat seperti Motherboard, hardisk dan LCD dapat mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya harus menggunakan baterai sebagai sumbernya, namun itu juga dapat mengakibatkan baterai laptop menjadi boros sehingga ngedrop. Lantas bagaimana cara merawat baterai laptop yang benar?

Mobo, hardisk, LCD dan Baterai merupakan perangkat penting, dan harga nya termasuk mahal. Untuk itu, menjaga ketiga komponen tersebut sangat penting bagi pengguna, agar tahan lebih lama. Sebagai pengguna tentunya juga harus bisa memilih, mana komponen yang paling dianggap penting untuk dijaga. Untuk menjaga komponen tersebut secara bersamaan memang sulit jika penggunaan laptop di atas batas wajar, yang artinya menggunakan terus tanpa henti.

Advertisements

Untuk mensiasati hal tersebut, kebanyakan orang lebih suka menggunakan Baterai sebagai sumbernya untuk menghindari kerusakan Mobo, HDD dan LCD. Namun mereka juga tidak lupa melakukan perawatan pada baterai laptop agar tetap awet walaupun digunakan berlama-lama. Perawatan apa yang mereka lakukan? berikut ini adalah cara merawat baterai laptop.

Baca Juga  Tips Agar Baterai Laptop Awet

Cara merawat baterai laptop agar tetap awet

  • Saat laptop dalam keadaan baru, sebaiknya di charge hingga penuh dan biarkan hingga 8 – 12 jam. Dan saat itu juga, keadaan laptop harus posisi mati.
  • Laptop model baru sekarang ini memiliki fitur untuk memutus otomatis aliran listrik saat baterai penuh. Namun untuk menghindari kebororan pada baterai laptop, sebaiknya lepas charge saat baterai terisi penuh.
  • Matikan segala fitur yang tidak dibutuhkan pada OS yang digunakan. Jika menggunakan windows, matikan service seperti starup, screen saver, dan lainya yang tidak digunakan. Selain dapat menghemat daya baterai, cara ini dapat mempercepat performa windows.
  • Atur kecerahan pada monitor, sebaiknya jangan terlalu terang. Hal tersebut sangat penting dilakukan, selain menjaga dan merawat baterai laptop, berguna juga untuk kesehatan mata.
  • Jangan menggunakan aplikasi berat secara bersamaan, guna menghindari panas laptop. Jika sudah demikian, baterai laptop akan cepat habis, dan tentunya harus sering di charge.
Advertisements

Demikianlah cara merawat baterai laptop agar awet tahan lama. sebagai tambahan, saya pribadi lebih suka menggunakan baterai, namun baterai yang saya gunakan bukan yang asli tapi baterai murahan. Baterai yang asli saya gunakan saat menggunakan laptop di luar, kalau dirumah lebih suka menggunakan baterai KW. Mungkin cara seperti itu dapat kamu lakukan, dan lagian harga baterai laptop KW relatif murah. Selanjutnya, baca membersihkan file sampah windows.

tags:

hp lenovo a6000 mati krn tdk bs terisi batu
Baca Juga  Tips Agar Baterai Laptop Awet
Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama | marhenk | 4.5