Cara Merawat Komputer dan Laptop

Advertisements

Cara merawat komputer – Dalam melakukan kegiatan sehari-hari dengan menggunakan komputer, semakin lama komputer digunakan akan semakin menurun performa dan kinerjanya. Hal itu bisa dilihat dari komputer yang semakin lambat, sering terjadi crash dan lainya. Jika sudah demikian, pastinya ada masalah atau gangguan pada sistem komputer sehingga harus segera diatasi.

cara merawat laptop

Banyak faktor yang mempengaruhi performa komputer menurun, seperti aplikasi yang sudah usang, komponen rusak atau disebabkan adanya virus yang menyerang. Virus sendiri masih menjadi musuh terbesar bagi pengguna komputer dan pengguna internet, karena virus sangat sulit dihilangkan. Namun tidak perlu khawatir dengan adanya virus, sebab banyak antivirus ampuh yang dapat mengatasinya.

Selain virus, sering kali yang menjadi penyebab laptop lambat adalah karena OS yang digunakan tidak terupdate, sehingga kualitas menurun. Untuk itu, artikel kali ini adalah cara merawat komputer / laptop dengan benar agar dapat meningkatkan performa nya.

Cara merawat komputer dan meningkatkan performa

1. Jangan menginstall aplikasi yang tidak jelas
Ini sering terjadi bagi pemula yang menggunakan komputer, dan ditambah lagi jika koneksi internet yang digunakan kencang. Dengan tidak ragu, mereka menginstall berbagai aplikasi yang tidak jelas gunanya dan asal usulnya. Padahal, kebanyakan aplikasi tersebut merupakan sumber virus.

2. Bersihkan file sampah
Jika mengacu pada nomer 1 diatas, pastinya banyak file sampah yang tersimpan jika pengguna sering menginstall dan menghapusnya. Maka itu, bersihkan secara rutin file sampah tersebut dengan aplikasi utility jika pengguna menggunakan Windows. Banyak aplikasi utility yang dapat digunakan secara gratis, salah satunya adalah dengan menggunakan ccleaner.

Baca Juga  Cara Membuat File PDF dengan Microsoft Word
Advertisements

3. Update secara rutin
Cara merawat komputer selanjutnya dengan mengaupdate OS dan aplikasi yang digunakan, guna menghindari aplikasi eror dan crash. Untuk itu, update OS windows nya, dan aplikasi penting seperti Antivirus, Browser dan lainya.

4. Waspada saat browsing
Jika sedang browsing harus lah berhati-hati, jangan asal mengklik link sebuah website yang mencurigakan. Meskipun alamat dan tampilan web tersebut terlihat menarik, namun tetap harus waspada. Biasanya, link tersebut merupakan phising dan sumber malware. Cara ini dapat diatasi dengan fitur yang terdapat di antivirus.

5. Jaga kebersihan komputer
Kalau pun laptop hanya digunakan di kamar dan tempat tertutup, pastinya juga terdapat debu yang menempel. Bersihkan bagian keyboard, monitor, kipas pendingin dan mouse kalau ada. Dengan penumpukan debu yang ada pada kipas, dapat menyebabkan komputer menjadi cepat panas.

6. Hindari getaran
Jauhkan laptop dan komputer dari barang elektromagnetik yang mengandung getaran, seperti pengeras suara, loudspeaker, handphone, dan sumber getar lainnya. Selain itu, jika sedang membawa laptop pada Tas sebaiknya juga hati-hati.

Itulah sedikit cara merawat komputer dengan benar, walaupun tips cuma sedikit akan tetapi manfaat nya sangat banyak jika dilakukan dengan benar. Perlu di ingat, komputer dan laptop merupakan barang elektronik yang harga nya masih mahal, dan yang namanya barang elektronik pastinya dapat mengalami kerusakan.

Baca Juga  Cara Membersihkan File Sampah di Windows
Advertisements

Maka itu, melakukan perawatan komputer perlu dilakukan untuk meminimalisir kerusakan baik dari segi software maupun hardware. Jika hal tersebut tidak dilakukan, lambat laun komputer yang digunakan akan mengalami banyak masalah, seperti cepat panas, lambat dan bahkan mati total.

Cara Merawat Komputer dan Laptop | marhenk | 4.5