Cara Merubah Android Menjadi Remote TV

Advertisements

Merubah Android menjadi remote TV? merupakan bukan hal yang mustahil bagi Ponsel Android. Smartphone ini kaya akan fitur yang terbilang canggih dan lengkap, karena adanya banyak aplikasi yang tersedia dan bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan Ponsel Android jika banding menggunakan PC, saat orang tersebut melakukan pekerjaan ringan.

Cara Merubah Android Menjadi Remote TV

Salah satu fitur canggih pada Android ialah, digunakan untuk Remote TV. Hal ini berguna jika suatu saat tombol pada remote bawaan mengalami kerusakan, sehingga Android bisa dijadikan sebagai pengganti. Namun yang disayangkan, tidak semua android dapat digunakan, karena hanya bisa untuk jenis Ponsel seperti Samsung Galaxy S3, Sony Experia Z2, LG G2 dan sebangsanya.

Untuk melakukan cara tersebut, dibutuhkan aplikasi Aplikasi IR, yang mana aplikasi ini hanya dapat berjalan pada device tertentu. Untuk mengetahui caranya, berikut ini cara menjadikan Android sebagai remote TV.

Advertisements

Cara menjadikan Ponsel Android sebagai remote TV

1. Install Aplikasi IR
Langkah awal dengan menginstall Aplikasi IR Universal Remote yang dapat didownload di google play. Jika ingin mempercepat pencarian, gunakan search dengan mengetik “IR Universal Remote”.

2. Menjalankan Aplikasi
Jika sudah terinstall dengan baik, jalankan aplikasinya. Buka IR Universal Remote, kemudian pilih “IR Database”.

3. Menu TV
Setelah masuk pada menu TV, nanti akan terdapat banyak merek TV di dalamnya. Sampai sini, pilih merk TV yang Anda gunakan.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Root Android

4. Layar Interface
Selanjutnya akan muncul beberapa tombol, yang berfungsi sebagai navigasi untuk pengaturan suara dan tombol pengganti chanel TV. Untuk lebih jelasnya, bisa dicoba sendiri satu-persatu.

Yang perlu diperhatikan, saat menggunakan fitur ini maka harus menggunakan koneksi yang sama Android dan TV yang digunakan. Bagi yang mempunyai TV canggih dengan banyak fitur, Anda dapat berbagi siaran melalui jejaring sosial popular sesuai keinginan.

Advertisements

Dengan kehadiran aplikasi ini, Anda tidak perlu cemas jika remote TV, DVD, AC atau elektronik lainya mengalami kerusakan. Namun jangan membeli Andoid hanya untuk dijadikan remote TV, sebab harganya terlalu mahal dibanding remote biasanya yang seharga 30ribuan. Itulah sedikit artikel tentang menjadikan ponsel android sebagai remote TV, semoga dapat menambah informasi dan wawasan kita semua dalam dunia teknologi.

Cara Merubah Android Menjadi Remote TV | marhenk | 4.5