Perbandingan Nissan Livina vs Suzuki Ertiga

Advertisements
Dua mobil keluarga dengan kisaran harga hampir sama 200 jutaan adalah Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina. Kedua mobil ini banyak diminati dengan pasar yang ramai, ini menjadi bahan pertimbangan kuat untuk memilih antara keduanya. Dengan banderol harga baru yang hampir sama, selanjutnya apa saja yang menjadi kelbihan dan kekurangan antara keduanya bisa menjadi parameter sebelum benar- benar memilih yang paling pas. Berikut ini perbandingan Nissan Livina vs Suzuki Ertiga.

Akomodasi

Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina sama-sama mampu menampung 7 penumpang sekaligus dalam satu perjalanan. Baik kursi depan dan tengah keduanya mirip-mirip untuk masalah kelegaan. Namun untuk masalah kursi belakang, Nissan Grand Livina lebih baik dibandingkan Suzuki Ertiga. untuk anda yang memiliki tinggi badan lebih dari 165 cm, kepala anda pasti terbentu dengan plafon Suzuki Ertiga, sedangkan untuk Nissan Grand Livina, untuk anda yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm pun tidak akan mengalami hal tersebut.
perbandingan mobil livina vs ertiga
Masalah bagasi belakang mobil ini mirip-mirip. Namun ketika kursi belakang ditegakan, Suzuki Ertiga sedikit lebih luas dibandingkan dengan Nissan Grand Livina. Untuk pengoperasian pelipatan kursi belakang, rasanya Nissan Grand Livina lebih ringan baik untuk dilipat dan ditidurkan dibanding dengan Suzuki Ertiga. Untuk masalah akomodasi, Nissan Grand Livina ternyata lebih baik dibandingkan Suzuki Ertiga walaupun eksteriornya terlihat lebih kecil.

Desain Livina vs Ertiga

Suzuki Ertiga menggunakan garis desain yang baru dibandingkan seluruh kompetitornya, desain model depan yang agresif dan sedikit lebih sporty untuk model mobil keluarga. Namun ketika kita melihat ke eksterior belakang akan terjadi sebaliknya. Kita akan menemukan bodi belakang seperti layaknyna sebuah SUV berukuran besar. Ini karena rancangan desain kaca belakang dan pintu belakang yang terlalu tegak. Overall mobil ini terlihat sangat baik dari berbagai sudut.
Nissan Grand Livina
Nissan Grand Livina mungkin sudah terlihat biasa saja. Sejak peluncurannya di tahun 2007 atau lebih dari 6 tahun dipasarkan di Indonesia, mobil ini sama sekali belum mendapatkan ubahan eksterior yang berarti. Di tahun 2011 kemarin Nissan Grand Livina mendapatkan ubahan minor change dalam bentuk Grille depan, Velg dan warna interior baru yang menghitam. Namun dirasa ubahan tersebut kurang greget dan masih terlihat membosankan.
Yang menarik dari Nissan Grand Livina, Nissan membuat garis desain elegan yang mampu menyembunyikan ukuran tubuh asli Nissan Grand Livina. Coba bandingkan antara keduanya, pasti Nissan Grand Livina terlihat lebih kecil dan Suzuki Ertiga terlihat sangat besar. Padahal ketika disandingkan keduanya terlihat sama panjang, lebar dan tinggi.

Perbandingan Harga Grand Livina dan Suzuki Ertiga

suzuki ertiga
Suzuki Ertiga dibanderol dengan harga mulai 148 juta rupiah, Sedangkan Nissan Grand Livina paling standar memiliki banderol harga di 165 juta rupiah. Pilihan tipe yang dapat disandingkan antara keduanya ada pada Suzuki Ertiga GL double blower di harga 160.8 juta Rupiah dan Nissan Grand Livina SV diharga 178 juta Rupiah.
Perbedaannya cukup jauh sebanyak 18 juta, apalagi Grand Livina SV masih lebih mahal 6 juta Rupiah dibandingkan dengan Suzuki Ertiga GX double blower sekalipun. Nah, untuk anda yang mengidamkan sebuah mobil bertransmisi automatic, nampaknya Nissan Grand Livina SV Automatic di harga 188 juta Rupiah layak menjadi pilihan. FYI versi Nissan Grand Livina termahal yaitu HWS 1.800 cc Automatic dibanderol dengan harga 248 juta.

Mesin Ertiga versus Livina

Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina dibekali mesin yang terpaut perbedaan sebesar 100 cc. Jika Ertiga bermain di level mesin 1.400 cc, sedangkan Livina  1.500 cc.
Suzuki Ertiga dibekali dengan mesin 1.373 cc, DOHC, 4 silinder segaris dengan teknologi VVT (Variable Valve Timing). Sistem pembakaran elektronik yang dinamanakan Multi Point Injection, menghasilkan tenaga maksimum sebesar 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada 4.000 rpm. Performa mobil ini dirasakan luar biasa meskipun hanya bertenaga 95 Ps. Sedangkan untuk urusan irit-iritan bahan bakar tidak perlu ditanya lagi.
Nissan Grand Livina memiliki mesin yang lebih bertenaga karena jumlah cc-nya yang lebih besar. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.498 cc 4 silinder segaris DOHC dengan teknologi CVTC, teknologi CVTC kurang lebih sama seperti VVT Suzuki. Sistem pembakaran elektronik yang dinamakan ECCS oleh Nissan mampu menghasilkan tenaga hingga 109 Ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 148 Nm pada 4.400 rpm. Urusan tenaga mesin, Nissan Grand Livina lebih unggul dibandingkan dengan Suzuki Ertiga.
Namun soal irit-iritan Suzuki Ertiga mampu menempuh 13 km/liter untuk dalam kota dan Nissan Grand Livina pada 12.8 km/liter. Suzuki Ertiga hanya berbeda 0.2 km/liter lebih irit dibandingkan Nissan Grand Livina. Sepertinya untuk masalah ini sangat tipis perbedaan diantara keduanya.
Kenyamanan
Nissan Grand Livina dibekali pengendalian yang mantap dan suspensi yang sangat lembut, untuk urusan kekedapan suara mobil juga bagus. Namun sayangnya mobil ini belum dilengkapi dengan AC double blower yang menjadi fitur wajib di setiap mobil keluarga Indonesia. Nissan mengakali hal tersebut dengan memberikan kisi-kisi ac pada konsol tengah seperti sebuah sedan mewah, namun ini masih dirasa kurang untuk menjangkau penumpang belakang
Suzuki Ertiga masalah kenyamanan sedikit kalah dengan Nissan Grand Livina, mulai dari suspensi dan kekedapan suara masih satu level dibawahnya. Namun Suzuki Ertiga sudah dilengkapi dengan AC double blower yang menjangkau hingga kursi baris belakang.

tags:

ertiga vs grand livina, grand livina vs ertiga, livina vs ertiga, Perbandingan ertiga dan grand livina
Baca Juga  Masalah Pada Mobil Nissan Grand Livina
Perbandingan Nissan Livina vs Suzuki Ertiga | marhenk | 4.5