Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Advertisements

Tentunya tidak semua orang akan mengetahui berbagai cara untuk pertolongan pertama pada serangan jantung, namun tidak ada salahnya jika kita dapat mengetahui untuk berjaga-jaga walaupun kita tidak memiliki penyakit tersebut. Dengan mengetahui berbagai cara pertolongan pertama pada penyakit jantung tersebut, setidaknya kita dapat membantu ketika orang lain atau bahkan sanak saudara kita sedang membutuhkan pertolongan tersebut. Penyakit jantung sendiri memang sebuah penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi setiap orang, pasalnya ketika serangan penyakit tersebut muncul memang dapat hingga merenggut nyawa dari penderitanya sekaligus.

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Maka dari itulah tentu tidak ada ruginya bagi kita untuk dapat mengetahui berbagai pertolongan pertama untuk penyakit jantung tersebut, dan di bawah ini adalah beberapa cara untuk pertolongan pertama pada serangan jantung yang dapat kita ketahui bersama.

Advertisements

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap berada dalam keadaan yang tenang ketika menghadapi perderita penyakit tersebut, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah membaringkan penderita dengan posisi setengah duduk dan lengan di samping. Longgarkanlah kerah pakaian ataupun sabuk di celana untuk melancarkan pernafasan agar tidak terlalu sesak, hal tersebut akan sangat membantu penderita untuk mendapatkan asupan oksigen lebih banyak. Dan jika penderita dikerumuni oleh banyak orang, maka mintalah orang-orang tersebut untuk menjauh agar penderta bisa mendapatkan udara yang segar dan bersih.

Baca Juga  Harga Laptop / Notebook / Netbook Asus Terbaru

Langkah selanjutnya adalah jika penderita berada dalam kondisi tidak sadarkan diri, maka anda pun harus segera memberikan RJP atau resusitasi jantung paru pada penderita. Cara pertama yaitu dengan memberikan kejut dan pacu jantung menggunakan telapak tangan anda dengan tekanan batas maksimal hingga 7 kali, kemudian berikan jeda beberapa saat lalu jika memang belum sadarkan diri maka anda dapat melanjutkan kembali hal yang sama seperti tadi. Dan cara yang kedua adalah dengan memberikan bantuan pernafasan buatan pada mulut penderita, dengan cara menutup semua lubang hidung penderita lalu masukan udara melalui mulut penderita.

Advertisements

Demikian di atas tadi adalah beberapa cara untuk melakukan pertolongan pertama pada serangan jantung yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit ulasan di atas dapat membantu dan menjadi sebuah informasi kesehatan yang dapat bermanfaat untuk kita semua.

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung | infotipsbaru | 4.5