Cara Reset Ulang Android Seperti Baru

Advertisements

Cara Reset Android ke Factory setting / setingan pabrik bertujuan agar perangkat android kembali seperti semula saat pertama kali membeli. Reset ulang biasa dilakukan jika terdapat masalah pada ponsel yang digunakan, seperti eror pada aplikasi dan lainya. Munculnya eror pada aplikasi bukan hal baru lagi, karena banyaknya aplikasi android gratis pada google play store, pastinya ada beberapa aplikasi yang tidak cocok dengan ponsel. Sehingga jika cara menghapus aplikasi tidak menyelesaikan masalah, melakukan Factory Reset android adalah solusinya.

Cara Reset Ulang Android

Selain mengatasi aplikasi eror yang sering terjadi seperti salah satunya “sayangnya bbm telah berhenti” , reset android sering digunakan untuk memperbaiki android yang Bootloop. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mereset ulang, baik dengan menu Backup & Reset atau melalui Recovery Mode pada Android. Namun sebelum melakukan Factory reset android, disarankan pengguna harus mem – backup data android yang tersimpan di memori internal karena nantinya data tersebut akan keformat.

Advertisements

Nah, jika telah mengetahui manfaat reset ulang android, jadinya anda dapat melakukan Factory Reset jika memang diperlukan. Untuk melakukan reset android tersebut, jangan terlalu sering juga karena sangat berseriko pada kesehatan ponsel. Untuk itu berikut ini beberapa cara reset android ke setingan Pabrik / factory Reset agar mengembalikan ponsel seperti baru.

Baca Juga  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Reset Android Pada Sebagian Besar HP Android

  • Masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih menu Backup & Reset
  • Selanjutnya Factory data reset
  • Centang yang akan direset, lalu pilih tap reset device

Tunggu beberapa saat, lama waktu tergantung besar data tersimpan dan spesifikasi ponsel. Setelah selesai nantinya ponsel android akan restart dengan sendirinya. Nan sampai sini, anda telah berhadil melakukan reset ulang pada ponsel android.

Cara reset ulang android dengan Recovery Mode

Cara reset android ini merupaka cara terakhir yang dapat anda coba, dan kerap digunakan saat terjadi Recovery Mode android. Yang perlu diperhatikan, cara ini menggunakan beberapa tombol, dan tiap merk atau tipe biasanya menggunakan tombol yang berbeda.

  • Pastikan baterai ponsel masih banyak, sebisa mungkin di isi sampai penuh
  • Matikan ponsel andaroid, wajib.
  • Setelah ponsel mati, tekan tombol HOME + Volume Up + Power secara bersamaan dan tahan beberapa detik
  • Gunakan Volume Up, lalu pilih “Factory reset / wipe data”
  • Tunggu sampai selesai, lalu pilih Reboot System Now
Advertisements

Demikianlah cara mudah untuk melakukan reset ulang android atau Factory reset android. Cara reset android tersebut akan menghapus aplikasi, gambar, game atau lainya yang tersimpan di memori. Selain itu, baca juga cara reset ulang blackberry, dan cara untuk melakukan juga sangat mudah.

tags:

factory setting pada vgen, lama waktu factory reset android, membuat android seperti baru lagi
Baca Juga  Cara Backup Data Android Tanpa Aplikasi
Cara Reset Ulang Android Seperti Baru | marhenk | 4.5