time 2 years yang lalu di topik #HP Samsung

Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1

Advertisements

Info Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1 ini ditulis oleh Gendruk.com – Samsung adalah salah satu produsen atau vendor gadget yang pasti dikenal oleh seluruh orang dijagat ini. Beberapa produknya bahkan sanggup merajai pasar gadget eropa dan asia. Salah satu produk unggulannya adalah Samsung Galaxy J1, smartphone ini mengincar segmen entry-level dengan banderol harga murah tetapi mempunyai fitur yang mumpuni. Lalu apa saja keunggulan dan kekurangan smartphone ini ?


Desain Samsung Galaxy J1

Smartphone Samsung Galaxy J1 dihadirkan dengan material berbahan plastik berdimensi seluas 129 x 68.2 x 8.9 mm. Smartphone ini memiliki desain yang ramping dengan sisi-sisi berbentuk bulat sehingga membuatnya nyaman digenggam dan dapat dengan mudah dimasukan ke dalam kantong maupun saku baju. Tak lupa, layar smartphone ini juga diberikan bingkai krom metal yang membuatnya terlihat lebih solid dan menawan.

Disisi atas layar tersemat kamera depan, ear piece, dan sensor proximity. Lalu disisi bawah layarnya terdapat tombol fisik home dan tombol kapasitif back serta recent apps. Disisi belakang smartphone ini juga terdapat kamera utama yang disandingkan dengan lampu kilat dan speaker.

Disisi kiri smartphone terdapat tombol pengatur suara, sedangkan disisi kanannya tersemat tombol power. Port jack audio 3,5mm serta port USB dapat ditemukan disisi atas smartphone.

Display Hp Samsung Galaxy J1

Hp Samsung Galaxy J1 dilengkapi dengan layar sentuh jenis TFT kapasitif berukuran 4,3 inci yang dapat menghasilkan resolusi hingga 400 x 800 piksel. Dengan layarnya ini membuat smartphone dapat menyajikan gambar berkualitas baik dan tajam.

Layar pada smartphone ini memiliki kerapatan piksel mencapai ~217 ppi sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam dan nyaman dipandang saat digunakan didalam ruangan maupun menonton video. Sayangnya layar smartphone ini hanya mendukung 2 titik sentuhan secara bersamaan sehingga mengurangi performa layarnya.

Baca Juga  Cara Upgrade Android Kitkat Samsung Galaxy J1 ke Lollipop

Interface dan OS Ponsel Samsung Galaxy J1

Seperti smartphone android produksi anyar pada umumnya, Samsung Galaxy J1 juga menggunakan sistem operasi Android KitKat 4.4.4. Dengan tampilan antar muka TouchWiz UI membuat smartphone ini mudah dioperasikan dan cukup bersahabat dengan penggunanya.

Pada Homescreen smartphone ini, pengguna hanya disediakan 4 slot hot seat dengan hanya 3 slot yang bisa dikustomisasi, sementara itu 1 slot default digunakan untuk menampilkan app drawer.

Pada menu setting – Display, terdapat fungsi Outdoor Mode. Fungsi ini membuat layar ponsel tetap nyaman dipandang meskipun terpancar sinar matahari secara langsung. Selain itu Samsung juga menanamkan fitur Ultra Power Saving Mode yang tentu membuat smartphone dapat menghemat dayanya sendiri. Kedua fungsi ini dapat diakses secara cepat dari Notification Drawer dengan meluncurkan jari di layar dari atas ke bawah.

Hardware

Samsung membekali smartphonenya ini dengan prosesor dual core 1,2 GHz A7 yang dipadukan dengan pengolah grafis GPU Mali 400. Prosesor smartphone ini juga mendukung arsitektur 64-bit yang memungkinkan perangkat mampu menampilkan grafis yang lebih halus dan mengolah data lebih cepat sehingga mengurangi waktu kerja prosesor. Dengan teknologi ini membuat konsumsi daya baterai lebih hemat serta tak memakan banyak memori RAM.

Sayangnya Samsung hanya membenamkan memori RAM berkapasitas sebesar 512 MB saja, dengan kapasitas yang ala kadarnya membuat pengguna cukup disulitkan bila menjalankan aplikasi android secara bersamaan, atau memainkan game-game android yang cukup berat misalnya saja game coc, namun kalau game ringan seperti pou saya yakin bakalan ga ada masalah. Disisi ruang penyimpanannya tersemat memori internal berkapasitas 4 GB yang dapat diekspan hingga 128 GB melalui slot microSD card. Ponsel pintar ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 1.850 mAh yang sanggup bertahan lama.

Advertisements

Konektivitas

Samsung Galaxy J1 memiliki fitur konektivitas yang cukup bagus, smartphone ini dibekali dengan dual SIM card micro-SIM yang mendukung jaringan 3G HSDPA. Selain itu juga terdapat fitur Wi-fi 802,11 b/g/n sebagai alternatif untuk menjelajah internet. Tak lupa fitur Bluetooth dan microUSB juga dimiliki smartphone ini sebagai media transfer dengan perangkat lain.

Baca Juga  Cara Upgrade Android Kitkat Samsung Galaxy J1 ke Lollipop

Aplikasi android bawaan seperti browser samsung juga Google Chorme juga disediakan pada smartphone ini sebagai media penjelajah website.

Smartphone Samsung Galaxy J1

Kamera

Samsung Galaxy J1 memiliki fitur kamera yang terbilang mumpuni. Kamera utama smartphone ini memiliki resolusi sebesar 5 megapiksel yang dilengkapi dengan LED flash dan autofocus yang membuat hasil foto lebih mantap. Sementara itu kamera sekunder smartphone ini hanya memiliki resolusi sebesar 2 megapiksel tanpa flash LED.

Kamera perangkat ini juga dibekali dengan fitur yang cukup menarik, diantaranya ialah Palm Selfie dan Beautify bila menggunakan kamera depan. Sementara itu kamera utama smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Panorama, Beauty face, Best Photo, Night, Continous Shot, dan Sports Mode serta didukung dengan Live Filter yang bisa diterapkan secara langsung saat mengambil foto.

Kamera smartphone ini juga mampu menghasilkan video beresolusi HD 1280 x 720 piksel dengan kamera utamanya. Sementara itu kamera sekundernya hanya dapat menghasilkan video beresolusi 640 x 820 piksel saja.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1

Samsung Galaxy J1

Layar : 4,3 inci ( 400 x 800 piksel ) TFT kapasitif 217ppi pixel density

Dimensi : 129×68.2×8.9 mm

Berat : 122 gram

Konektivitas : Bluetooth, Wi-fi, GPS, microUSB, 3G, Dual SIM

CPU : Dual Core 1,2 GHz Cortex A7 Spreadtrum 6t4-bit

GPU : Mali 400MP

Memori : 512 MB RAM, 4 GB ROM, 128 GB slot microSD card

Sistem Operasi : Android KitKat 4.4.4

Baterai : Li-lon 1850 mAh

Harga Samsung Galaxy J1

Spesifikasi Samsung Galaxy J1

Smartphone android ini dibanderol dengan harga baru Rp.1.475.000,00. Sementara itu untuk harga bekas/second hanya dibanderol dengan harga Rp.1.200.000,00 saja.

Kesimpulan

Advertisements

Meskipun smartphone ini termasuk dalam segmen entry-level, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan tidak cukup buruk. Salah satu keunggulan yang dimiliki smartphone ini adalah daya baterainya yang sanggup bertahan lama karena memiliki prosesor 64-bit. Selain itu banderol harga Samsung Galaxy J1 yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Ingin memilikinya?

Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1 | guniwan | 4.5