Review Vidyo – Aplikasi Screen Recording iPhone

Advertisements

Minimnya dukungan Apple pada Screen Recording (yang sudah menjadi fitur nativ di banyak handphone Android) menyebabkan banyaknya aplikasi screen recording iPhone yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga, yang sayangnya seringkali Apple tarik dikarenakan dianggap melakukan abuse berlebih terhadap fitur Apple. Bagaimana dengan Vidyo?

Vidyo, aplikasi screen recording untuk iPhone dan iPad tersedia di App Store dengan harga $4.99, sepertinya akan menjadi aplikasi-aplikasi yang akan segera dihilangkan Apple. Dengan mensimulasi koneksi AirPlay Mirroring ke aplikasi tersebut, Vidyo juga mengizinkan Anda untuk mengambil layar dari handset Anda bahkan saat Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut bahkan saat Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut – yang berarti Anda dapat merekam layar demikian juga aplikasi lainnya, menyimpan segalanya file video pada handset Anda.

Vidyo, Aplikasi Screen Recording iPhone

Saya sendiri awalnya skeptis, mengingat ketidakhadiran aplikasi screen recording di iOS dan handset Apple . Di masa lalu, Apple menarik aplikasi yang mensimulasikan koneksi AirPlay secara local selain juga utilitas yang dapat merekam layar pada user mulai dari layar Home hingga aplikasi lainnya. Namun, sebagai keingintahuan dan untuk memastikan saya dapat mempertahankan aplikasi ini apabila akhirnya Apple menghapusnya dari App Store, saya memutuskan untuk membeli Vidyo dan mencobanya.

Advertisements

Vidyo bekerja persis seperti deskripsinya. Pada layar utama, Anda dapat merekam audio pada iPhone Anda atau lewat Microphone, video dari layar iPhone atau kamera, dan Anda dapat mengatur opsi tweak untuk resolusi hingga 1080p dan 60fps. Vidyo juga hadir dengan fitur mixing tambahan untuk mengimpor file audio milik Anda dan mencampur mereka dengan recording untuk memproduksi screencasts langsung di iOS.

Fungsi utama dari Aplikasi screen recoding iPhone ini – pengambilan screenshot – dapat diakses dengan mengubah Device Screen, keluar dari Aplikasi, dan pilih Vidyo sebagai sumber AirPlay di Control Center. Status bar iOS akan berubah warna menjadi biru sebagai tanda AirPlay Mirroring telah diaktifkan dan Vidyo akan mulai merekam video dan audio (opsional) di background. Begitu Anda selesai, stop AirPlay dan Anda akan berakhir dengan rekaman video dari layar iPhone Anda tersimpan di aplikasi Photos. Pada tes saya, kualitas Video dapat dibandingkan dengan solusi lain seperti Reflector on OS X: Cukup bagus, meski terkadang sedikit mengalami stutter saat ada animasi tambahan dilayar.

Sangat mungkin Vidyo akan segera ditarik Apple dari App Store dikarenekan penggunaan berlebihan pada AirPlay. Aplikasi ini dapat Anda dapatkan dengan membayar $4.99 dan,jika Apple akhirnya menariknya dari App Store, Anda kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan update atau support di masa mendatang. Saya sendiri berniat untuk mempertahankan Vidyo pada iPhone saya untuk sedikit kenyamanan lebih dalam membuat screencast dan aplikasi GIF di iPhone dan iPad, sambil terus berharap fitur screen recording natif untuk akhirnya hadir ke iOS.

Advertisements

Aplikasi screen recording iPhone Vidyo dapat Anda unduh di App Store dengan harga sekitar $4.99.

Review Vidyo – Aplikasi Screen Recording iPhone | guniwan | 4.5