time 3 years yang lalu di topik #Berita IT,Robot

SAFFIR, Robot Humanoid Pemadam Kebakaran di Atas Kapal

Advertisements

America Naval Research Laboratory saat ini dikabarkan tengah mengembangkan teknologi robot humanoid pemadam kebakaran di kapal induk, robot itu diberi nama SAFFIR.


SAFFIR adalah sebuah robot humanoid (mirip manusia) yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dan sensor untuk mengatasi masalah kebakaran didalam kapal, terutama didalam kapal induk.

Beberapa sensor yang tersedia dalam si robot pemadam kebakaran ini misalnya saja kamera infrared, yang mana ini bisa memungkinkan SAFFIR untuk melihat dalam kepulan asap kebakaran. Perlengkapan lain adalah pendeteksi gas dan kamera video.

Advertisements

Dari informasi yang kami dapat, SAFFIR juga dimungkinkan untuk bisa bekerja dengan manusia dan juga bisa menerima perintah manusia, baik itu perintah dalam bentuk suara maupun gerakan tangan.

Untuk kekurangan, baterai SAFFIR hanya bisa bertahan selama 30 menit saja. Jika anda ingin melihat gambar dari SAFFIR, si robot pemadam kebakaran, anda bisa melihat gambarnya dibawah ini:

SAFFIR, Si Robot Pemadam Kebakaran

Advertisements

Teknologi robot memang mengalami kemajuan yang teramat pesat saat ini, jadi bukan hal yang tidak mungkin jika di masa depan nanti robot bisa digunakan untuk melakukkan pekerjaan manusia.