time 1 year yang lalu di topik #Berita IT

Teknologi Terbaru dan Tercanggih 2016- Microsoft Hololens si Kacamata Pintar

Advertisements

Teknologi Terbaru dan Tercanggih 2016- Microsoft Hololens si Kacamata Pintar – Gendruk.com, Microsoft adalah Perusahaan piranti lunak yang memperkenalkan teknologi bernama Windows Holographic yang memungkinkan para pengguna berinteraksi dengan objek tiga dimensi (3D) pada kehidupan sehari – hari di lingkungan sekitar. Alat tersebut bernama Microsoft Hololens.


Microsoft Hololens adalah kacamata pintar bawaan sistem operasi windows 10, yang di dalamnya menggunakan sensor canggih, stereoscopic display kepala-mount optik 3D definisi tinggi, dan suara spesial untuk memungkinkan aplikasi augmented reality, dengan user interface alami yang memungkinkan bisa berinteraksi melalui suara, gerakan tatapan, gerak tangan, bahkan juga bisa mencubit, menekan, menarik, hingga mengibas. Microsoft Hololens ini sudah dalam pembuatan selama lima tahun yang diciptakan oleh Alex Kipman yang juga membangun piranti lunak untuk Xbox Kinect.

Microsoft HoloLens

Microsoft Hololens di desain dari unit kacamata pelindung yang berhubungan dengan ikat kepala sehingga nyaman untuk dipakai yang dibekali dengan sistem komputer dengan lensa holografik definisi tinggi (HD) dan cip khusus bernama holographic processing unit. Kacamata ini dapat di miringkan ke arah atas juga ke arah bawah, dan juga dapat disesuaikan untuk maju serta mundur dalam kaitan dengan ikat kepala. Dengan Hololens ini, para pengguna dapat menggunakan roda guna menyasuaikan di bagian belakang ikat kepala untuk mengamankan bagian kepala, serta mendukung berat para pengguna kacamata Hololens ini. Alat ini kurang lebih memiliki berat sekitar 0,4 Kg.

Kacamata pintar Hololens ini memiliki sensor dan perangkat keras yang berhubungan kedalaman, foto / kamera video, dan unit pengolahan hologram. Visor depan berwarna, bagian tertutup adalah sepasang lensa combiner transparan, yang mana gambar diproyeksikan akan tampilkan di Hololens dan harus di kolaborasi dengan jarak interpupillarry (IPD) dari pengguna individu. Di sepanjang tepi bawah lengan sisi dengan telinga para pengguna adalah sepasang speaker stereo kecil merah. Speaker tersebut adalah lawan dari headphone, speaker tidak menghalangi suara eksternal, u=yang memungkinakan pengguna untuk dapat mendengar suara virtual yang bersama – sama dengan lingkungan dunia nyata. Hololens dapat menghasilkan audio yang dapat mensimulasikan efek spesial, sehingga para pengguna dapat merasakan dan mendengar suara yang berasal dari lokasi tertentu.

Advertisements

Di tepi atas alat kacamata pintar ini, terdapat dua pasang tombol yaitu tombol kecerahan layar yang terletak di atas telinga kiri, dan tombol volume yang terletak di atas tombol ear. Terdapat juga tombol cekung, dan tombol cembung sehingga pengguna dapat membedakan sentuhan. Pada sebelah kiri terdapat tombol power dan sebelahnya terdapat lima deret LED kecil, yang bersama – sama digunakan untuk menunjukkan status sistem, serta manajemen daya, menunjukkan tingkat baterai dan pengaturan daya atau standby mode. Terdapat pula micro USB sebagai wadah untuk pengisian dan konektivitas yang terletak di sepanjang tepi bawah.

kacamata pintar Microsoft HoloLens

Aplikasi-aplikasi dalam Kacamata Pintar Microsoft HoloLens

Aplikasi yang terdapat pada kacamata pintar Microsoft HoloLens antara lain :

  1. HoloStudio yaitu aplikasi permodelan 3D yang dapat menghasilkan output untuk printer 3D
  2. Implementasi dari aplikasi telekomunikasi Skype
  3. Digital anatomi manusia kurikulum interaktif yang diciptakan oleh Case Western Reserve University dan Cleveland Clinic
  4. Perangkat lunak Teknik Arsitektur yang di ciptakan oleh Trimble Navigation
  5. Sebuah permainan Augmented – Reality First – Person Shooter yang diberi nama Project X – Ray
  6. Video game Minecraft
  7. Aplikasi Pembuatan Autodesk Maya 3D
  8. Onsight dan Sidekick yaitu proyek perangkat lunak yang dikembangkan sebagai dari kolaborasi antara NASA dan Microsoft untuk mengeksplorasi aplikasi realitas campuran dalam eksplorasi luar angkasa
Advertisements

Nah, seperti itulah Teknologi Terbaru dan Tercanggih 2016, “Microsoft Hololens” si Kacamata Pintar mungkin bisa dijadikan referensi teman – teman untuk memahami secara lengkap tentang Microsoft HoloLens.

Teknologi Terbaru dan Tercanggih 2016- Microsoft Hololens si Kacamata Pintar | guniwan | 4.5