time 12 months yang lalu di topik #Laptop,Tips dan Trik

Tips Agar Baterai Laptop Awet

Advertisements

Tips Agar Baterai Laptop Awet – Baterai laptop memang kompononen yang sangat penting. Tetapi seringkali kita mengabaikan cara merawat baterai laptop yang baik dan benar agar awet. Dan jika masalah sudah terjadi pada baterai laptop barulah menyesal. Banyak hal yang menyebabkan baterai laptop cepat rusak, seperti charging yang terlalu lama sehingga baterai menerima arus listrik yang terus-menerus, minimnya info mengenai baterai laptop, dan lain-lain.


Belajar dari pengalaman penulis pribadi, pernah mengalami masalah pada baterai laptop, tanpa saya sadari saya pernah charging laptop terlalu lama, karena laptop saya belum ada fitur memutuskan arus listrik otomatis dan keadaan ini sering saya lakukan, akhirnya baterai laptop saya pun mulai lemah dan  drop dengan cepat. Bagi anda yang bertanya-tanya bagaimana caranya supaya baterai laptop tahan lama dan awet?

Berikut adalah tips agar baterai laptop awet

baterai laptop

  1. Gunakan adaptor original

Seringkali masalah terjadi bukan pada baterainya tetapi pada adaptor laptop itu sendiri, yang bisa menyebabkan kerusakan pada baterai. Bisa saja kabel adaptor terputus dan anda memutuskan untuk membeli adaptor yang baru. Saran penulis gunakan adaptor original dari produk laptop anda, hal ini dilakukan supaya komponen pada adaptor sudah memenuhi standart produk laptop, banyak adaptor yang tidak sesuai standart, mengakibatkan arus listrik masuk ke baterai tidak sesuai dengan apa yang tertera pada output input arus listrik dan menyebabkan baterai rusak.

Baca Juga  Blackberry OS 10 Belum Akan Hadir di Tahun 2012
Advertisements
  1. Lepas baterai

Untuk anda yang jarang menggunakan laptop, atau ingin berpergian keluar kota dengan membawa laptop dan mengharuskan laptop mati dalam kurun waktu berberapa hari, cara ini cukup ampuh untuk meminimalisir kerusakan pada baterai yaitu dengan melepas baterai, hal ini bertujuan agar baterai laptop tidak terhubung dangan laptop saat keadaan mati yang cukup lama.

  1. Kurangi brightnes

Tips berikutnya agar baterai laptop awet adalah, Laptop dengan brightnes tinggi sangat tidak dianjurkan karena fitur ini seharusnya diaktifkan tidak terlalu sering seperti ketika kita sedang ada di outdoor yang membutuhkan brightnes yang tinggi, hal ini bertujuan agar laptop tidak mengeluarkan daya yang cukup banyak, tetapi brightnes yang terlalu rendah pun tidak baik karena bisa merusak mata, ada baiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

  1. Jangan tinggalkan cd/dvd di dalam laptop

Selain ini berbahaya untuk baterai, meninggalkan cd/dvd di dalam laptop pun dapat merusak optik karena akan di paksa membaca atau scan terus-menerus, Bagaimana bisa cd/dvd yang tetinggal merusak baterai? Jika kita biarkan cd/dvd itu maka daya yang keluar dari baterai akan lebih banyak karena memaksa dvd rw untuk bekerja, biasanya dvd rw akan di baca saat pertama booting.

  1. Bersihkan baterai laptop

Jika anda tidak pernah membersihkan baterai laptop anda otomatis debu akan selalu ada dan perlahan akan menimbulkan korosi pada baterai yang berujung dengan kerusakan. Maka bila anda memiliki waktu luang silahkan anda coba untuk membersihkan laptop anda, bersihkan mulai dari tembaga pada bagian baterai hingga permukaan luar lakukan ini perlahan dan hati-hati sebaiknya jangan gunakan lap basah karena bisa merusak komponen pada baterai laptop.

Baca Juga  Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama
Advertisements

Masih banyak tips merawat baterai laptop yang baik dan benar lainnya yang bisa anda gunakan untuk menjaga agar baterai laptop anda awet. Intinya adalah rajin untuk menjaga dan melakukan perawatan berkala pada baterai laptop agar awet.

Tips Agar Baterai Laptop Awet | guniwan | 4.5