time 11 months yang lalu di topik #Laptop

Tips Agar Laptop Aman Dari Virus

Advertisements

Menyebalkan memang jika laptop kita terinfeksi virus, selain virus laptop juga bisa terkena trojan horse, worm, rootkit, adware, spyware, dan masih banyak lainnya, mereka semua adalah Malware yang jahat dan pasti akan menimbulkan error pada system kita. Kebanyakan dari virus menyerang sistem operasi yang sering digunakan orang banyak seperti Windows.


Tetapi tidak hanya sistem operasi PC atau Laptop saja yang diserang oleh virus ini, bahkan sistem operasi Smartphone seperti Android juga rentan terkena serangan virus ini, Bagaimana cara untuk mencegah laptop dari serangan virus? berikut akan penulis berikan tips-tips nya.

Tips Aman dari Virus untuk Laptop anda

  1. Aktifkan Windows Firewall

Windows firewall merupakan fitur yang yang di sediakan sendiri oleh Microsoft, dengan cara kerja yang lebih efisien dan tergolong efektif yaitu dengan melakukan filter paket terhadap jalur komunikasi antara laptop user dengan internet, pasti akan lebih sulit virus memasuki system laptop anda, untuk melihat Windows firewall anda bisa mengetikan “Windows firewall” pada kolom search yang ada di atas icon start button, lalu akan muncul tulisan “Windows Firewall” silahkan klik tulisan tersebut.

  1. Aktifkan User Account Control

Fitur yang satu ini memang sepintas terlihat merepotkan, karena meminta anda untuk melakukan konfirmasi setiap kali ingin melakukan installasi program aplikasi atau menjalankannya. Namun ternyata program ini akan cukup membantu anda karena setiap kali ada virus atau malware yang berkerja dengan menjalankan program, User Account Control ini akan otomatis meminta anda untuk konfirmasi, cara untuk setting nya cukup ketikan “User Account Control” pada kolom search yang ada di atasi start button kemudian akan muncul tulisan “User Account Control” silahkan klik tulisan tersebut.

Advertisements
  1. Update OS Windows Anda

Lakukanlah update, cara ini digunakan untuk meminimalisir program jahat karena setiap sistem operasi melakukan update, pasti keamanan akan meningkat sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan jadi jangan anda matikan  fitur update windows, saran penulis jika ingin melakukan update OS windows pastikan koneksi internet stabil dan cepat.

  1. Gunakan Antivirus dan Antispyware

Ini merupakan aplikasi wajib untuk setiap sistem operasi, antivirus dan antispyware akan mencegah

virus dan program jahat memasuki system anda. Dan pastikan antivirus serta antispyware anda merupakan yang paling baru, karena virus juga melakukan update serta pembaharuan, jika anda menggunakan antivirus yang sudah lama dan tidak di update, maka antivirus tidak akan bisa mengenali virus baru alhasil system anda bisa dimasuki oleh virus dan malware.

  1. Hati-hati Saat Browsing

Banyak situs internet yang bisa mengirim virus masuk ke system laptop anda. Biasanya situs ini yang berbau p0rn0grafi selain itu banyaknya iklan yang tidak jelas juga bisa menjadi penyebab virus masuk, maka browsinglah dengan hati-hati, hindari situs-situs jahat mari ber-internet sehat.

Advertisements

Keamanan sistem sangat diperlukan untuk mencegah virus memasuki laptop kita, bisa dari installasi program antivirus dan malware sampai dengan ganti OS (Operating System). Anda bisa coba gunakan sistem operasi seperti linux, karena sejauh ini belum ada virus yang menyerang linux, saya sendiri pun menggunakannya.

Tips Agar Laptop Aman Dari Virus | guniwan | 4.5