Tips Bagaimana Mengubah Facebook Menjadi Alat Bisnis

Advertisements

Siapa yang tak mengenal Facebook ? jejaring social yang satu ini memang sangat popular, mulai dari anak anak sampai kakek kakek pun mengenalnya. Banyaknya pengguna facebook yang mencapai ratusan juta user ini membuat Facebok bukanlah jejaring sosial yang biasa saja.. Belum banyak yang memanfaatkan Facebook sebagai alat bisnis, kebanyakan memang hanya digunakan sebatas interaksi sosial semacam chat,update status, atau game aplikasi. Padahal Facebook mempunyai potensi bisnis yang sangat tinggi. Facebook bisa saja menjadi senjata pemasaran yang ampuh dengan target pasar yang sangat besar.

Berikut ini contoh mengembangkan Facebook sebagai alat bisnis untuk mendongkrak pendapatan baik bisnis online maupun offline.

Membuat Grup dengan topic tentang bisnis anda

Grup facebook sangat berpotensi untuk memasarkan produk bisnis anda, sebagai sarana promosi. Dengan menyeting grup ke grup terbuka, maka setiap anggota grup bisa menambahkan teman lainnya, dengan begitu jumlah anggota semakin banyak dan tentu saja target pasar semakin besar. Hanya saja anda harus dituntut aktif dalam grup agar anggota tetap terjaga konsistensi mereka. Jangan terlalu sering mengirimkan link referral karena bisa saja dianggap spamming dan anggota akan keluar dari grup.

Memberi Tag Foto

Advertisements

Ini salah satu cara yang sering dilakukan oleh penjual produk melalui facebook. Dengan memberi tag teman pada foto produk kita. Cukup efektif apabila kita mempunyai banyak teman, namun pemberian tag dibatasi oleh facebook. Yang perlu diperhatikan adalah ketika menandai teman usahakan mencari teman yang memang mempunyai minat terhadap produk tersebut, sebab jika tidak aktifitas kita bisa dicurigai sebagai spam. Kalu kita asal-asalan dalam menandai bisa bisa dilaporkan sebagai spammer.

Membuat Fanpage

Fanpage atau halaman fan adalah cara terbaik mempromosikan bisnis anda. Dengan membuat fanpage otomatis kita bisa mengupdate informasi terbaru tentang bisnis/produk kita tanpa takut ancaman pelaporan spam seperti pada cara 1 dan 2. Mengapa demikian? Karena fanpage berisi user facebook yang memang senang atau berminat terhadap produk kita. Bukan karena “paksaan” mereka like dan subscripe terhadap fanpage kita. Hanya saja untuk mendapatkan like fanpage cukup susah. Namun tidak perlu khawatir dengan sedikit modal anda dapat memperoleh ribuan like ke fanpage anda melalui fiverr. Dengan begitu orang yang terhhubung ke bisnis anda semakin banyak. Selain itu anda bisa mendapat tambahan dari fanpage anda apabila mempunyai ribuan “like”. Loh bagaimana caranya? Anda tinggal menjual jasa memberikan ribuan like ke fanpage orang di fiverr yang memang banyak yang membutuhkan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa anda kembangkan untuk melakukan promosi bisnis/produk anda melalui facebook. Jangan lupa sabar dan berdoa J

Advertisements

Semoga bermanfaat

Tips Bagaimana Mengubah Facebook Menjadi Alat Bisnis | guniwan | 4.5