Tips Bagiamana Mencegah Agar Maleware Tidak Menginfeksi Komputer

Advertisements

Tips mencegah malware masuk ke komputer – Malware merupakan sebuah software atau program yang diciptakan untuk menyelundup dan mengganggu bahkan bisa merusak sistem operasi pada perangkat komputer. Malware sejatinya merupakan kependekan dari istilah malicious software (software jahat) yang sering secara awam disebut virus. Bgaimana malware bisa masuk ke komputer ? malware atau virus bisa menginfeksi komputer melalui bebrapa cara, yaitu transfer antar komputer yang sudah terjangkit virus, ataubisa juga melalui internet dengan menginang di situs-situs khusus.

Advertisements
Tips mencegah malware masuk ke komputer
Advertisements

Apa akibat yang ditimbulkan jika sudah terserang malware/virus ?
JIka komputer terkena malware atau virus, maka akan sangat berbahaya bagi data/file bahkan sistem komputer. Malware mampu menyembunyikan file, bahkan merusak sistem. bagaimana cara mencegah malware masuk ke komputer ? Beberapa aspek yang bisa Anda perhatikan agar malware tidak masuk ke komputer Anda. Berikut ini tips mencegah malware masuk ke komputer.
Lakukan update antivirus secara rutin dan berkala
Setiap hari, jumlah malware baru terus bertambah, maka solusi terpenting adalah selalu mengupdate antivirus. Sehingga malware baru bisa dikenali.
Mengubah password komputer.
Malware bisa saja meretas akun dan passwor di komputer Anda. Oleh sebab itu ubah password komputer secara berkala.
Lakukan update sistem operasi secara teratur.
Update software dan sistem operasi
Celah keamanan komputer biasanya muncul karena adanya bug pada sebuah sistem operasi. Untuk menutupnya, Anda harus melakukan update secara berkala baik software maupun sistem operasinya. Untuk melakukan update, Anda cukup menyediakan koneksi internet. Sebab kebanyakan sistem operasi telah menyertakan fasilitas update otomatis.
Install dan Aktifkan Firewall
Firewall mampu menangkal serangan malware/virus.
Gunakan Antispyware
Spyware adalah software turunan dari adware. Spyware bekerja dengan mekanisme memantau kebiasaan user dalam melakukan browsing internet.
Back Up Data
langkah paling penting yang harus Anda coba adalah selalu back up file atau data penting. sebab kita tidak akan tahu kapan malware menyerang komputer kita, sehingga data dan file penting akan aman jika kita sudah membuat back up nya.
Itu lah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mencegah malware masuk ke komputer Anda. Selamat mencoba.

Tips Bagiamana Mencegah Agar Maleware Tidak Menginfeksi Komputer | guniwan | 4.5