time 2 years yang lalu di topik #Android

Cara Mengatasi Android Lemot Atau Lambat

Advertisements

Bagaimana cara mengatasi android yang lemot? – Bang Gendruk, Sudah kita ketahui bersama, ndroid sedang dalam masa fase booming di Indonesia. Banyak pengguna handphone yang bertipe Java dan Symbian mulai bermigrasi menggunakan android karena fitur dan kecangggihan yang dirancang. Android merupakan sebuah operation system berbasis linux yang open source, dimana OS ini diperuntukan bagi meraka yang hobi mengoprek.


Android Yang Lambat atau Lemot

Bagi para pengguna ponsel berbasis android, ini merupakan ponsel yang serba guna dengan kata lain ponsel jenis smartphone. Dengan begitu pengguna dapat melakukan tugas kantoran, memutar video, browsing, streaming dan sebagainya. Namun jika ponsel android lemot atau android lambat dalam merespon tentu akan menjadikan kegiatan yang menggunakan ponsel terganggu. Banyak faktor yang mempengaruhi dari lambatnya android dan ditambah lagi dengan kondisi android yang memiliki spek rendah. Dengan begitu bisa dipastikan membuat android makin lambat.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara mengatasi android lemot saat membuka aplikasi pada ponsel yang anda miliki.

Cara Mudah Mengatasi Android Lemot Anda

1. Menghapus Cache
cara mengatasi android lemot yang pertama dengan menghapus cache, cache pada memori internal ini adalah suatu folder file yang berguna memberi akses cepat apabila sewaktu-waktu membuka aplikasi atau situs yang sebelumnya telah dijalankan, sehingga cache tersebut masih tersimpan di memori. Yang sering menimbulkan masalah hingga membuat android lemot karena terlalu banyaknya cache yang masih tersimpan dalam memori. Untuk menghilangkan cache tersebut sangat mudah, hapus history cache pada Android tersebut.

Baca Juga  Membuka Lock pattern Android yang diblokir
Advertisements

2. Hindari Menggunakan Aplikasi Bersamaan
Tidak dipungkiri lagi, jika android dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan layaknya sebuah komputer. Namun keunggulan ini lah yang membuat android anda sering menjadi lemot atau lambat, apabila spek android anda rendah. Maka dari itu untuk mengatasi android lemot hindari penggunaan aplikasi secara bersama dan usahakan gunakan membuka aplikasi secara bergantian. Selain itu, cara ini dapat menghemat dan menjaga daya baterai serta mengoptimalkan ram.

3. Hindari Live Wallpaper
Ini merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memperindah tampilan wallpaper android, tapi aplikasi ini memberikan kesan yang kurang baik bagi ponsel. Karena ponsel menjadi terasa berat saat digunakan dan menyebabkan lambat dalam merespon. Untuk mengatasi android lemot dan menjaga performa android, gunakanlah wallpaper ringan agar tidak menjadikan hp makin lambat.

4. Gunakan Memori Eksternal
Jika anda mendownload aplikasi dan akan menginstalnya kedalam ponsel, biasanya secara otomatis penyimpanan masuk kedalam memori internal. Seting pengaturan penyimpanan dan penginstalan anda, usahakan gunakan memori eksternal yang tentunya dengan kapasitas memori yang lebih besar. Karena kapasitas memori internal cukup kecil, maka jika anda terlalu banyak menyimpan file akan menjadikan memori internal penuh sehingga android tidak dapat digunakan lagi dan merupakan solusi dalam mengatasi Android lambat.

Advertisements
Baca Juga  Cara Membuat Partisi SD Card Android

Demikianlah beberapa cara mengatasi Android lemot dan lambat, sehingga dapat membantu penggemar android untuk merawat dan meningkatkan performa android yang anda miliki.

tags:

kenapa memutar vidi di andro lambat, memutar video di android lambat
Cara Mengatasi Android Lemot Atau Lambat | marhenk | 4.5