Tips dan Trik Hemat Pulsa Android

Advertisements

gendruk.com – Android, sistem operasi mobile milik Google yang booming beberapa tahun ini memang memiliki banyak sekali fitur unggulan. Berbagai aplikasi yang semula hanya ada di PC atau sistem operasi mobile pun dihadirkan di android, membuatnya semakin menarik minat banyak orang.

Sebagian besar aplikasi yang tersedia di android membutuhkan koneksi internet untuk bisa digunakan. Sebut saja google maps, aplikasi facebook atau twitter,gmail,google plus,play store, dll.

gambar : www.billpolice.com

Hal ini berdampak pada penggunaan pulsa internet yang boros. Untuk itulah, disini kami akan membagikan beberapa tips untuk menghemat pulsa hp android anda. Beberapa tips hemat pulsa android tersebut bisa anda lihat dibawah ini :

1. Mematikan fitur sinkronisasi

Sinkronisasi adalah fitur yang berfungsi untuk menyelaraskan atau mensingkronkan ponsel android anda dengan akun jejaring sosial atau akun email anda. Jika fitur ini diaktifkan, maka saat anda mengaktifkan internet secara otomatis akun yang anda sinkronkan tadi akan memberikan notifikasi update pesan atau status terbaru.

Untuk mengatasinya, anda bisa masuk ke Settings >> Account and Synchronization >> matikan dengan pilih Off.

2. Matikan Internet Saat Membuka Aplikasi Offline

Lho, bukannya aplikasi offline seperti game, pemutar musik eksternal, maupun pemutar video eksternal tidak membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya? Kenapa harus dimatikan?

Iya benar, aplikasi-aplikasi tersebut memang bisa berjalan anpa internet. Namun pada beberapa aplikasi offline, saat anda menjalankan internet akan muncul iklan dari developer aplikasi tersebut. Iklan bisa sekedar teks,notifikasi, atau gambar yang otomatis terdownload masuk ke gallery anda.

Advertisements

Namun keseluruhan tetap memakan pulsa saat iklannya muncul. Jadi, matikan internet anda untuk mengantisipasi hal ini.

3. Gunakan Aplikasi Juice Defender

Pada dasarnya, Juice Defender adalah aplikasi untuk menghemat baterai. Namun aplikasi ini juga sangat bermanfaat untuk menghemat pulsa. Hal ini dikarenakan pada settingan Juice Defender terdapat opsi untuk mematikan internet jika screen dalam keadaan off.

Jadi, saat anda sedang mengaktifkan internet dan kemudian meninggalkan hp android anda dalam keadaan menyala. Saat screen off secara otomatis internet akan mati dan akan kembali menyala jika screen aktif. Anda bisa mendownload Juice Defender via google play melalui link ini.

4. Menggunakan Internet Sesuai Kebutuhan

Gunakan internet secara bijak dan seperlunya saja, matikan setiap selesai menggunakan.

5. Menggunakan Aplikasi Alternatif Yang Lebih Irit

Tips hemat pulsa yang keempat adalah menggunakan aplikasi yang bisa dijadikan alternatif. Penjelasannya begini, pada ponsel android. User biasa menggunakan aplikasi twitter for android dan facebook for android untuk bersosialisasi secara online.

Untuk menghemat pulsa, anda bisa menggunakan opera mini untuk membuka facebook dan twitter. Load data yang diperlukan Opera Mini untuk kedua jejaring sosial ini tentunya lebih kecil daripada saat menggunakan aplikasi default. Ujungnya, pulsa hp android anda bisa lebih hemat.

6. Menggunakan Aplikasi 3G Watchdog

Fungsi dari 3G Watchdog adalah untuk memantau penggunaan kuota paket internet yang anda gunakan setiap hari. Aplikasi ini cocok digunakan untuk anda yang mengaktifkan paket internet. Detail penggunaan 3G Watchdog bisa anda baca pada artikel berjudul : Cara Menghemat Pulsa HP Android.

Advertisements

Selamat mencoba untuk menghemat pulsa hp android anda.

Tips dan Trik Hemat Pulsa Android | guniwan | 4.5