Tips Memilih Modem yang Cocok dan Tepat

Advertisements

Dalam aktivitas berinternet, Modem merupakan perangkat yang harus dimiliki, dan tentunya ini sangat penting. Sekarang ini sudah beredar segala jenis Modem, mulai modem harga murah sampai yang mahal. Disamping itu, kualitas Modem sekarang juga terbilang bagus, karena jika dipakai berlama-lama masih tergolong adem dan tidak cepat panas. Hal ini lah yang terpenting dari modem, jika akan digunakan oleh orang yang hoby online berlama-lama.

Tips Memilih Modem Yang Cocok

Di Indonesia sendiri, Modem sudah cukup popular karena kebanyakan orang sudah memilikinya, berbeda jauh dengan jaman dulu. Jika hanya modem, itu tidak dapat digunakan untuk berinternetan, karena harus menggunakan Sim Card dari operator seluler. Nah, untuk yang satu ini memang harus teliti dan cermat saat memilihnya, karena harus sesuai dengan kebutuhan dan lokasi daerah tempat tinggal.

Banyak provider atau operator seluler menawarkan paket data murah, namun Anda jangan tertipu dengan hal tersebut. Jika Anda ingin memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil, berikut ini tips yang harus diperhatikan.

Tips memilih Modem dan Kartu yang akan digunakan

1. Perhatikan Tempat Tinggal
Modem terbaru sekarang ini sudah menggunakan HSPA+ atau biasa disebut 4G. Bagi yang lokasinya diperkotaan, tentunya sangat menggembirakan, karena jika dipakai pasti akan mendapatkan sinyal yang bagus dan koneksi internet menjadi capat. Namun, jika Anda tinggal di daerah pedalaman yang minim sinyal, sebisa mungkin gunakan Modem yang masih HSDPA, karena modem tersebut yang cocok dengan lokasi Anda. Alasanya, jika menggunakan Modem yang sudah suport HSPA+, nantinya sinyal yang didapat akan sedikit, sehingga akan menjadikan Modem menjadi cepat panas.

Advertisements

Kebanyakan orang tidak memperhatikan hal seperti ini, untuk mensiasatinya mereka menggunakan Antena Modem. Memang, Antena Modem dapat membuat sinyak semakin kuat, tapi Anda harus mengeluarkan dana lagi untuk membelinya. Antena Modem yang sering digunakan adalah Antena Yagi.

2. Kartu Modem
Faktor ini sangat penting, karena yang mempengaruhi cepat dan lambat nya koneksi internet. Banyak provider yang menawarkan tarif mudah untuk paket data, seperti Telkomsel, Tri, XL, Indosat. Namun sekali lagi, faktor dana dan lokasi tempat tinggal harus diperhatikan. Sebagai contoh, saat ini yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Tri, karena harga paket data tri atau Quota yang ditawarkan terbilang murah. Nah, yang jadi pertanyaan, Apakah tempat tinggaal Anda sinyal Tri bagus?

Untuk itu, Anda harus memperhatikan Kartu apa yang harus digukanan untuk modem. Sebelum Anda menggunakanya, cari lah yang cocok dengan lokasi. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencoba satu persatu terlebih dahulu, caranya dengan membeli semua perdana dan gunakan di Modem. Jika dirasa cocok karena sinyal bisa full, dan pastikan juga apakah harga paket datanya murah atau mahal. Misalnya, jika sinyal jelek tapi harga paket data murah, dan sinyal bagus namun harga paket data mahal. Nah, itulah yang menjadi pertimbagan Anda selanjut nya.

Yang sangat disayangkan, pengguna internet masyaratkan Indonesia sudah banyak, namun hingga saat ini harga paket data masih terbilang mahal, karena dengan uang 50rb hanya dapat Quota 2BG. Bagi yang internetan menggunakan ponsel itu bukan masalah, namun jika digunakan pada modem pasti dalam beberapa jam langsung habis.

Advertisements

Demikianlah sedikit Tips membeli modem dan kartu yang akan Anda gunakan. Sebagai catatan, disini hanya untuk Modem GSM, karena biasanya sangat bagus dalam segi sinyal karena sudah menjangkau semua wilayah.

tags:

memilih modem 4g, modem/wifi apa kah yg cocok buat daerah pedalaman, tips memilih modem
Tips Memilih Modem yang Cocok dan Tepat | marhenk | 4.5