Tips Memperbaiki MicroSD yang Bermasalah

Advertisements

Tips Memperbaiki MicroSD yang Bermasalah – www.Gendruk.com, Memory card pada ponsel memang sangat bermanfaat terutama bagi ponsel pintar atau smartphone yang biasanya membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar. Dengan adanya memory card, maka kita bisa menyimpan lebih banyak file dalam ponsel. Salah satu jenis memory card yang paling banyak digunakan saat ini adalah microSD. Sebenarnya jenis memory card ada banyak seperti M2, MMC, Memory Stick, dan masih banyak yang lainnya. Namun seiring perkembangan jaman, banyak gadget yang menggunakan memory card jenis microSD. Terkadang memori eksternal seperti microSD di ponsel menjadi bermasalah seiring dengan pemakaiannya. Ada berbagai macam masalah yang sering kita temui pada microSD ini seperti memory tidak terbaca, file dalam microSD tiba-tiba hilang, atau masalah lainnya. Lalu bagaimana cara memperbaiki microSD yang bermasalah pada ponsel? Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Ini dia Cara Memperbaiki MicroSD yang Bermasalah

Cara memperbaiki microsd yang pertama adalah dengan memperhatikan kondisi fisik dari microSD itu sendiri. MicroSD yang bermasalah biasanya memiliki usia pakai yang cukup lama dari waktu beli. Biasanya kondisi fisik dari memory card tersebut sudah using atau kotor. Nah, jika kartu memory tersebut kotor pada bagian kuningannya, anda bisa langsung membersihkannya dengan penghapus pensil. Kotoran yang menempel pada kuningan memang akan menghambat tersalurnya aliran listrik ke memory sehingga memory sulit terbaca.

cara memperbaiki micro sd bermasalah rusak

Advertisements

Jika anda sudah melakukan cara diatas, namun memory card tetap saja tidak dapat terbaca oleh hp android, anda dapat melakukan cara yang lain yakni dengan menghapus kartu microSD secara langsung dari smartphone android anda. Caranya cukup mudah yaitu dengan masuk ke menu Settings, kemudian pilih pilihan Storage. Nah, pada opsi storage silakan anda pilih kartu memori anda dan tap pada opsi Erase SD card. Dengan memilih pilihan itu, maka memori eksternal akan kembali seperti baru lagi. Namun harap diperhatikan bahwa cara yang satu ini sangat beresiko apabila terdapat file penting dalam memori card anda. Hal ini disebabkan semua file dalam memori card akan terhapus sehingga file-file penting anda akan langsung hilang.

Jika dirasa cara memperbaiki micro sd card diatas masih terlalu beresiko untuk file anda, maka anda dapat menggunakan cara ketiga. Cara ketiga ini membutuhkan perangkat PC untuk mengatasi microSD yang bermasalah. Pertama anda harus memastikan bahwa perangkat android harus dalam keadaan Mass Storage Mode (MSC). Jika hal itu belum anda lakukan, silakan ubah status tersebut melalui USB Connection Mode > pilih MSC. Setelah itu, sambungkan ponsel android dengan komputer. Setelah terdeteksi, klik kanan pada microSD di Windows Explorer kemudian pilih Properties. Pilih apada tab Tools kemudian klik tombol Check Now. Centang pada pilihan Automatically fix file system errors dan Scan for and attempt recovery of bad sector. Kemudian klik Start untuk memulai melakukan pengecekan pada microSD. Langkah terakhir, eject ponsel android dari komputer dan silakan dicek apakah masalah pada kartu memori sudah terselesaikan atau belum.

Jika ternyata memori micro sd masih saja bermasalah, ada baiknya untuk memformat ulang kartu memori di android sehingga kartu memori akan kembali normal. Jangan lupa untuk membackup file yang ada di memori ke komputer sehingga file penting yang ada di dalam kartu memori tidak hilang. Namun apabila semua cara sudah ditempuh dan tetap bermasalah, ada kemungkinan umur kartu memori sudah terlalu tua. Anda bisa membeli micro SD yang baru untuk ponsel anda karena saat ini harga kartu memori di pasaran sudah sangat terjangkau dan tersedia berbagai macam ukuran seperti 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, atau lebih.

Advertisements

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki microSD yang bermasalah atau rusak yang dapat anda coba sendiri. Dengan begitu, masalah yang ada pada kartu memori dapat anda selesaikan sendiri tanpa harus membawa ke tukang service.

tags:

memperbaiki micro sd beemasalah
Tips Memperbaiki MicroSD yang Bermasalah | guniwan | 4.5