Tips Memperpanjang Usia Baterai

Advertisements

Pernahkah anda merasakan baterai anda terasa tidak awet. Banyak sekali dari kita yang merasa baterai gampang drop dan usia baterai smartphone terasa sebentar. Baru beberapa bulan saja baterai sudah boros dan bertahan hidup tidak sampai 5 jam. Anda harus selalu beli serta gonta ganti baterai agar smartphone tetap hidup.

Sebenarnya memperpanjang umur baterai tidaklah sulit. Dibutuhkan konsistensi terhadap apa yang anda lakukan dalam upaya memperpanjang usia baterai smartphone. Memang konsumsi aplikasi yang besar menghabiskan banyak daya baterai, namun dengan beberapa cara dibawah ini paling tidak anda dapat memperbesar umur baterai smartphone anda. Berikut ini merupakan cara memperpanjang umur baterai yang bisa anda lakukan mulai dari sekarang.

Matikan Fitur tidak penting.
Kebanyakan dari kita menginstal aplikasi sebanyak mungkin. Terkadang kita tidak tau apa fungsi dari aplikasi itu dan bahkan tidak mengerti fitur yang diberikan aplikasi tersebut. Akhirnya fitur aplikasi itu tidak pernah digunakan dan dibiarkan berjalan dibalik layar. Nah menguninstal aplikasi atau mematikan fitur dan aplikasi yang tidak perlu dapat memperpanjang umur baterai anda.

Advertisements

Jangan charge dibarengi menelepon.
Kebanyakan dari kita sering tidak sabar saat mencharge dan ingin segera menghubungi seseorang melalui fasilitas telepon, itu juga yang bisa membuat baterai smartphone anda tidak awet. Tanpa anda sadari, daya baterai akan terkuras dan tidak akan segera penuh dan baterai akan bekerja keras.

Jangan terlalu overcharge.
Jangan mencharge terlalu lama. Bila sudah penuh 100% maka lebih baik hentikan proses charge smartphone anda. Jangan biarkan anda terus menancapkan charge pada smartphone anda. Memang sadar atau tidak kita terkadang malas untuk mencabut charge saat baterai sudah full atau lebih parahnya lagi anda bahkan lupa. Sebaiknya control dengan baik proses charge anda jangan sampai terlalu lamam atau sebentar. Sebisa mungkin ya pas pada full 100%.

Gunakan charge asli atau original.
Menggunakan charge original merupakan hal yang perlu anda perhatikan. Charge asli dibuat agar pas dengan kondisi baterai original smartphone. Terkadang charge tidak original atau tidak asli memiliki alur listrik yang berbeda dengan yang asli, maka berhati-hatilah lebih baik anda memilih charge yang original.

Advertisements

Itulah beberapa tips yang anda bisa lakukan pada baterai smartphone anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin memperpanjang usia baterai smartphone anda.

Tips Memperpanjang Usia Baterai | guniwan | 4.5