Tips Merawat Kesehatan Bayi dan Balita (Bagian 1)

Advertisements

Halo sobat gendruk semuanya, semoga hari ini sehat selalu dan senantiasa bahagia. Kali ini gendruk akan sedikit berbagi tips merawat kesehatan bayi dan balita. Buat anda yang sudah mempunyai bayi dan balita saat ini, atau anda yang sedang hamil dan sedang menunggu kelahiran buah hati anda, saya yakin tips ini akan bermanfaat buat anda dan pasangan sebagai orang tua untuk merawat kesehatan bayi anda dengan lebih baik dan lebih siap daripada sebelumnya. selamat membaca…

Ini dia beberapa Tips merawat kesehatan bayi dan balita

merawat kesehatan bayi dan balita

1. Menjemur bayi di pagi hari
Untuk menghangatkan tubuhnya yang mungil, si kecil perlu di jemur pada pagi hari. Akan tetapi Anda tidak perlu melakukannya setiap hari. Cukup beberapa hari dalam seminggu selama 10-15 menit sebelum lewat jam 8 pagi. Selain untuk menghangatkan tubuh, juga bermanfaat untuk menguraikan bilirubin menjadi senyawa yang larut dalam air dan dikeluarkan dalam bentuk urin.

bayi sehat

2. Memberikan ASI botol

Advertisements

Memberikan Air susu ibu (ASI) botol hanya untuk meringankan Anda terutama di malam hari. Karena hal ini dapat membuat Anda lebih praktis dan sang bayi pun segera tidur kembali. Tetapi Anda perlu membatasi pemberian ASI melalui botol karena ASI botol dalam jangka panjang dapat mengendap di gusi bayi. Selain itu, bayi juga mudah terkena infeksi telinga karena susu yang diminum kemungkinan bisa masuk ke saluran eustachius yang menjadi penghubung antara tenggorokan bagian belakang dan telinga bagian belakang.

Baca Juga  Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Oleh karena itu, apabila Anda harus memberikan ASI botol kepada si buah hati, sebaiknya angkat sedikit kepalanya agar lebih mendongak atau diganjal dengan bantal kecil. Setelah itu, biakan sang bayi tertidur dan lepas botol susunya. Memberikan ASI botol juga berguna bagi anda yang sedang bepergian dan tidak ada tempat khusus untuk menyusui.

3. Memandikan bayi dengan air dingin

Ada yang mengatakan bahwa memandikan bayi dengan air dingin dapat membuat daya tahan tubuh bayi lebih kuat. Tapi pendapat ini sama sekali tidak benar. Sesungguhnya air dingin dapat membuat pembakaran dan metabolisme tubuh bayi meningkat. Sehingga makanan di dalam tubuh akan habis untuk mengatur suhu tubuh.
Kemudian bayi akan cepat kehabisan tenaga dan mudah sakit. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk memandikan bayi menggunakan air hangat. Mandikan bayi, dengan segera hangatkan tubuh bayi menggunakan minyak telon.

4. Bayi berliur

Apabila keinginan sang ibu ketika hamil tidak terpenuhi, sang bayi nantinya akan mudah berliur. Pernyataan ini hanya mitos belaka. Hal ini lumrah jika bayi kerap meneteskan air liur pada usia tertentu. Karena hingga umur 4 tahun, bayi akan secara aktif memperoduksi air liur. Namun apabila si kecil meneteskan air liur secara berlebihan, kemungkinan ia mengalami radang/infeksi di rongga mulut. Menjadi petanda bahwa bayi yang berliur berarti gigi si bayi akan tumbuh.

Baca Juga  Tips Memberi Nama Bayi Perempuan dan Artinya

balita sehat

bersambung… ke tips merawat bayi dan balita bagian 2…stay tune guys…

Tips Merawat Kesehatan Bayi dan Balita (Bagian 1) | guniwan | 4.5