time 8 months yang lalu di topik #Android,Tips dan Trik

Tips Merekam Video dengan lebih baik di Smartphone Android

Advertisements

Jika Anda bosan dengan video hasil rekaman Anda, yang mungkin tidak begitu bagus jika dibandingkan dengan video rekaman teman-teman Anda, ada beberapa tips merekam video dengan lebih baik di smartphone Android yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan skill smartphone videography Anda.


Dalam beberapa tahun ke belakang, smartphone telah berubah menjadi perekam video yang dapat bersaing dengan kamera khusus, setidaknya saat itu berbicara tentang video amatir atau non-professional.

Tentu saja, jika Anda ingin video Anda terlihat keren, Anda biasanya membutuhkan handset mahal dengan kemampuan merekam video 4K. Namun handset yang lebih murah juga dapat mereka video yang cukup keren, dan tentu saja itu semua lebih dari cukup untuk kebanyakan pengguna.

Semua smartphone Android yang dibuat sekarang ini dapat merekam video, selama mereka memiliki fitur kamera, dan kebanyakan handset itu akan menginzinkan Anda merekam setidaknya video 720p (720×1280 piksel, atau HD). Tak peduli smartphone Android apa yang Anda miliki, Inilah…

Tips merekam video dengan lebih baik di smartphone Android

Tips Merekam Video Dengan Lebih Baik di Smartphone Android storage

  1. Pegang ponsel Anda secara horizontal

Tips Merekam Video Dengan Lebih Baik di Smartphone Android video horizontal

Advertisements

Anda harus, benar-benar mencoba untuk menghindari menggenggam smartphone android Anda secara vertikal saat merekam video. Mengapa? Well, karena video dibuat untuk dilihat secara horizontal – dengan mode lanskap. Dan ketika Anda ingin melihat video vertikal di TV atau PC, Anda akan melihat dua bar hitam di kedua sisi layar Anda. Kecuali Anda ingin video Anda terlihat seperti itu, genggam handset Anda secara horisontal saat merekam video.

Baca Juga  Ini Cara Ubah Format Video Android

2. Gunakan tripod, atau lakukan improvisasi

Tips Merekam Video Dengan Lebih Baik di Smartphone Android tripod

Apakah Anda menyadari? Video Anda terlihat lebih baik saat bebas dari goyangan? Kunci untuk membuat video bebas dari goyangan, tentu saja, menjaga smartphone Anda tetap mantap saat merekam. Bahkan jika handset Anda hadir dengan image stabilization built-in di dalamnya. Sangatlah sulit untuk membuat video yang sempurna jika Anda bergantung pada tangan Anda saat merekamnya. Mungkin, ada banyak, dan hampir tidak terhitung, tripod yang dapat meningkatkan stabilitas video tersebut. Tripod itu biasanya terhitung mahal. Untuk mengakalinya, Anda dapat mengimprovisasinya, contoh dengan jepitan pakaian yang biasa Anda gunakan untuk menjemur pakaian Anda.

3. Hati-hati terhadap kondisi cahaya

Smartphone dapat kesulitan dalam hal merekam video dalam kondisi cahaya yang rendah. Di situasi-situasi seperti ini, flash dari ponsel Anda dapat membantu, namun video Anda mungkin akan memiliki warna yang tidak alami. Jika Anda berada di ruangan, ada baiknya untuk mencoba dan memberikan cukup cahaya untuk subyek video Anda sebelum Anda mulai merekamnya: seperti membuka gordeng (jika ada cahaya di luar), dan gunakan sistem penerangan di ruangan Anda, seperti lampu-lampu disana. Apapun yang Anda lakukan, pastikan cahayanya tidak langsung jatuh di subyek Anda (contohnya, cahaya yang datang dari belakang harus dihindari, kecuali Anda memiliki ide tertentu dengan skenario tersebut).

Baca Juga  Ini Cara Ubah Format Video Android

4. Periksa space penyimpanan Anda

Sebelum Anda mulai merekam video, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan cukup di smartphone Anda, terutama jika Anda merekamnya dengan 4K (ini akan memakan lebih dari 300 MB per menitnya), atau dengan resolusi 1080p dengan 60fps (membutuhkan lebih dari 200 MB per menit). Karena, bukan tidak mungkin nantinya Anda terpaksa berhenti merekam video karena penyimpanan di smartphone Anda hampir habis.

5. Gunakan aplikasi-aplikasi video editing

Begitu Anda selesai dengan merekam video Anda, Anda satu langkah lagi yang dapat Anda lakukan: Yaitu mengedit-nya – menambahkan musik atau teks, menerapkan filter, fade out, cut scenes dll. Ada banyak aplikasi editor video tersedia di Android, dua yang paling populer adalah Viva Video dan KineMaster. YouTube sendiri memiliki fitur editing video, namun Anda harus mengunggah video Anda kesana untuk menggunakan fitur tersebut.

Advertisements

Mudah-mudahan dengan tips merekam video dengan lebih baik di hp Android. Anda dapat menerapkannya, dan merekam video-video dari momen-momen berharga Anda dengan lebih baik.

Tips Merekam Video dengan lebih baik di Smartphone Android | guniwan | 4.5