Trik Menambah Kapasitas RAM Pada Android, Ini Wajib Anda Ketahui!

Advertisements

Cara mudah menambah kapasitas RAM pada Android – Gendruk.com, Saat ini banyak smartphone berbasis Android yang beredar di pasaran, mulai dari entry low level sampai high level semua tersedia. Pada smartphone pada low level memang menawarkan harga yang relative bisa terbilang dapat dijangkau oleh semua golongan, namun spesifikasi yang ada pun juga bisa dibilang pas-pasan. Smartphone dengan entry low level terkadang mengalami masalah saat hendak membuka sebuah aplikasi, hal ini dikarenakan RAM yang terpasang didalamnya relative kecil (sekitar 256MB sampai 521MB).

Kapasitas RAM yang terbilang sedikit tersebut tentu sangat menjadi masalah bagi Anda ynag hendak membuka aplikasi yang membutuhkan RAM relative besar. Disini penulis akan membantu memecahkan masalah Anda dengan trik mudah menambah kapasitas RAM pada Android. Perlu diketahui, sejatinya menambah Kapasitas RAM pada Android adalah hal yang mustahil, namun cara ini akan membuat sebuah shadow RAM atau RAM bayangan yang akan membantu proses pengoperasian smartphone android Anda.

menambah kapasitas ram android

Ada beberapa perbedaan dalam metode membuat virtual RAM:

  • Swap File : membuat virtual memory dengan menggunakan file yang ada pada SD Card.
  • Swap Partition : membuat virtual memory dengan melakukan pembagian pada kapasitas memory eksternal Anda menjadi dua sampai tiga bagian.
  • ZRAM : membuat virtual memory menggunakan memori internal.

Setelah mengetahui mengenai arti dari virtual memory, Berikut penulis paparkan cara membuat RAM android bayangan pada Android:

Baca Juga  5 Tips Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dan Sesak

Install Swapper for Root

Swapper for Root

gambar Swapper for Root

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall Swapper for Root pada smartphone kalian. Pastikan status smartphone android kalian sudah dalam keadaan Root. Fungsi utama aplikasi Swapper root sendiri adalah menambah virtual memory menggunakan space memori untuk menyimpan swap file. Setelah aplikasinya terinstall silahkan ikuti langkah berikut ini :

Advertisements
  • Buka aplikasi Swapper for Root
  • Berilah ceklis pada active swap on boot
  • Pilihlah SD Card FAT Partition pada Swap File Partition.
  • Isilah value dengan kapasitas RAM yang kalian hendaki, ingat perhatikan juga sisa space memori eksternal kalian.
  • Setelah itu silahkan save dan tunggulah hingga proses swap selesai dan lakukan reboot pada smartphone android kalian.

Install SD Booster

sd booster

gambar sd booster

Langkah selanjutnya adalah Anda harus menginstall aplikasi SD Booster. SD Booster disini berperan untuk mempercepat proses pembacaan data (Read/Write) pada memory Anda. Setelah aplikasi terinstall silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi SD Booster
  • Isikan cache size antara 1 sampai 8192. Disini penulis menyarankan mengisi dengan value 1024 / 2048.
  • Tekan icon ceklis warna hijau.

Install RAM Manager

ram manager

foto ram manager

Setelah mengerjakan langkah diatas lanjutkan dengan mendownload aplikasi RAM Manager. Disini aplikasi RAM Manager tersedia dalam versi yang Free maupun versi yang Pro. Fungsi RAM Manager adalah untuk memilih akan digunakan dalam mode apa RAM yang tadi kita buat itu. Pada aplikasi ini terdapat mode balanced, hard multitasking, dan hard gaming. Supaya shadow RAM tadi berjalan dengan lancar sangat diwajibkan untuk menginstall aplikasi android ini.

Baca Juga  5 Tips Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dan Sesak

Demikian postingan penulis tentang cara menambah kapasitas RAM pada Android. DWYOR and Good Luck!

Trik Menambah Kapasitas RAM Pada Android, Ini Wajib Anda Ketahui! | guniwan | 4.5