Cara Dualboot Windows 8 dengan Windows 7

Advertisements

Gambar : mashable.com
Teknologi Terbaru – Mengangkat tulisan tentang Windows 8 memang belum membosankan. Sistem operasi Microsoft ini masih sangat baru dan masih banyak informasi yang bisa digali.

Nah, kali ini saya menemukan artikel yang cukup menarik dari Mashable, artikel tersebut membahas bagaimana cara menginstal Windows 8 berdampingan dengan Windows 7. Artikel ini cukup menarik bagi saya, sebab saya pernah mendengar isu bahwa Windows baru tersebut tidak mau di madu. Tapi ternyata itu hanya isu saja, jadi anda tidak perlu resah.

Sebelum memulai meng-install Windows 8 pastikan dulu PC anda cocok dengan minimum requirement-nya, setelah anda merasa cocok yang harus dipersiapkan adalah master instalasi Windows 8, untuk mendapatkannya anda bisa membeli di toko-toko software komputer atau langsung membeli melalui situs resmi Microsoft, mumpung lagi ada promo, Windows 8 Pro dijual hanya $39.99, promo berlaku sampai 31 Januari 2013. Maaf saya tidak menyarankan yang bajakan, toh yang bajakan juga belum beredar banyak :).

Bila anda sudah siap, mari kita lakukan.

1. Mempersiapkan Windows 8
Seperti yang telah saya tulis sebelumnya yang perlu dipersiapkan sebelum proses instalasi adalah master Windows 8, anda bisa mendapatkan melalui situs resmi Microsoft dan memasukkannya kedalam DVD ataupun flashdisk, tetapi bila anda sudah memiliki Windows 8 yang berupa DVD ataupun yang sudah ada dalam flashdisk silahkan lanjutkan ke langkah 11.

Baca Juga  Windows 8 Resmi Rilis di Singapura

2. Cek Kecocokan PC
Sebelum anda membeli Windows 8, anda harus men-download aplikasi Windows 8 Upgrade Assistant. Ketika anda menjalankannya, anda akan melihat jendela Let's see what's compatible. Aplikasi ini akan mengecek PC anda apakah cocok dengan Windows 8 atau tidak, dan sekaligus mengecek apakah aplikasi-aplikasi yang ada di PC anda berjalan di Windows 8 atau tidak. Oiya, tenang saja aplikasi ini tidak akan mengecek keaslian Windows 7 yang ada di PC anda.

3. Here’s What We Found
Ketika upgrade assistant sudah selesai, anda akan melihat jendela Here’s What We Found. Jika anda menginginkan anda bisa melihat compatibility details-nya, jika sudah klik Next.

Advertisements

4. Choose What to Keep
Selanjutnya anda akan melihat jendela Choose what to keep, silahkan dipilih bila ada yang ingin dipertahankan, karena disini tidak ada yang di-upgrade maka dipilih nothing, dan selanjutnya Next.

5. Saatnya Shopping
Setelah langkah sebelumnya beres semua, selanjutnya yang dilakukan adalah membeli Windows 8 Pro, silahkan klik tombol Order, dan ikuti instruksi pembayaran, setelah semua proses pembelian selesai, anda akan mendapatkan Windows 8 Pro product key pada jendela Thanks for your order. Silahkan simpan product key tersebut, saya menyarankan anda untuk menulisnya di kertas, karena product key tersebut akan digunakan nanti.

6. Saatnya Download
Setelah acara jual beli selesai, dilanjutkan kembali acara download mendownload. Ya disini proses men-download master instalasi Windows 8 Pro dimulai, seharusnya proses ini cepat tetapi tergantung juga dengan koneksi yang anda miliki.

Baca Juga  Akhirnya Bocoran Xbox 720 Terungkap

7. Creating Media
Karena kita akan memasukkan master instalasi ke DVD, maka yang harus dilakukan selanjutnya setelah proses download instalasi selesai adalah memilih opsi Install by creating media.

8. Pilih yang ISO
Untuk dapat memasukkan master instalasi kedalam DVD maka pilih opsi ISO file. Tetapi bila anda tidak memiliki DVD Drive anda juga bisa memasukkannya kedalam Flashdisk (kali ini saya membahas yang DVD). Selanjutnya klik Save.

9. Creating the ISO File
Letakkan file ISO ke tempat yang mudah dijangkau, contohnya di Desktop. Dan selanjutnya proses pembuatan file ISO dimulai, proses ini memakan waktu beberapa menit (bila tidak ada rintangan). Setelah selesai, pastikan product key sudah anda catat. Finish.

10. Saatnya Bakar-Bakar
Setelah proses tadi selesai, sekarang silahkan buka aplikasi DVD Burner dan masukkan DVD kosong ke driver. Dan silahkan “bakar” DVDnya.

Advertisements

Apakah mau dilanjut? Lanjut…

Cara Dualboot Windows 8 dengan Windows 7 | guniwan | 4.5