time 1 year yang lalu di topik #iPhone

Cara Memaksimalkan Fitur Restrictions atau Parental Control di iPhone Anda

Advertisements

Sebagai orang tua, kadang Anda khawatir dengan apa yang dapat dilakukan anak Anda dengan iPhone Anda, atau iPhone-nya sendiri. Di bawah ini, Anda akan menunjukan petunjuk cara memaksimalkan fitur Restrictions atau Parental Control di iPhone Anda.


Parental Control, atau juga disebut Restrictions, membuat Anda dapat mengatur apa yang dapat dan tidak dapat diakses oleh anak-anak Anda di iPhone Anda. Dengan Restrictions atau Parental Control, Anda dapat mengunci Safari, Camera, Siri, FaceTime, AirDrop, iTunes, Podcast, CarPlay, iBooks dan App Stores (termasuk pembelian in-app), begitu juga konten berdasarkan rating usia, dan kemampuan untuk mengganti akun dan setting aplikasi lainnya. Dalam hal lain, hal ini adalah cara untuk menghalangi akses bagi anak Anda untuk semua yang Anda kira tidak layak bagi mereka, berdasarkan umur dan sensitifitas, dan tentu saja penilain terbaik Anda. Dan fitur ini adalah fitur yang membuat handset Apple menjadi platform ideal bagi anak Anda.

Inilah cara memaksimalkan fitur Parental Control di iPhone Anda

 

Aktifkan Restrictions

Untuk mengakses fitur parental control dari iPhone, masuk ke Settings, tap pada tulisan General – Restrictions, lalu tap Enable Restrictions. Sekarang, Anda akan diminta menyetting passcode untuk fitur Restrictions, yang perlu Anda masukan jika nantinya Anda ingin melakukan perubahaan padaRestrictions.

Pastikan itu tidak sama dengan passcoe yang Anda gunakan untuk masuk ke iPhone Anda – karena itu adalah hal pertama yang akan dicoba oleh anak Anda.

Izinkan atau Tidak Mengizinkan Aplikasi Tertentu

Anda sekarang dapat mematikan aplikasi dan fitur penting, seperti Safari, Siri, kamera, Facetime, Carplay, dan AirDrop. Anda juga dapat melakukan block terhadap ketiga Apple Stores; Anda sekarang dapat mengunci iTunes dan iBook, juga mematikan fitur penginstallan Aplikasi pada App Store.
Ada juga fitur terpisah untuk mencegah anak Anda menghapus Aplikasi atau melakukan pembelian In-App. Atur switch tersebut menjadi off dan aplikasi-aplikasi akan segera hilang dari layar Home Anda.

Atur Batasan Rating

Advertisements

Di bagian Allowed Content Anda dapat mengatur pembatasan berdasarkan usia untuk tiap konten pada iPhone Anda, termasuk aplikasi. Semua aplikasi memiliki rating – untuk menemukannya, cari aplikasi tersebut di App Store, sentuh ikon aplikasi tersebut dan scroll down ke bagian informasi.

Membatasi aplikasi iphone berdasarkan rating usia akan menyembunyikan aplikasi yang memiliki rating untuk pengguna yang lebih tua dari layar Home Anda, dan juga mencegah pengguna untuk mendownload aplikasi tersebut dari App Store (meskipun mereka akan tetap muncul di hasil pencarian).

Pilihan Privacy

Di bagian Privacy, Anda dapat mencegah aplikasi-aplikasi tertentu mengakses lokasi, kontak, kalender, pengingat, info Twitter dan Facebook, atau membagikan data lewat Bluetooth.

Contohnya, tap Location Services, untuk melihat daftar aplikasi yang telah meminta penggunaan layanan tersebut. Jika Anda ingin anak Anda dapat mencari lokasi mereka di Maps, maka, nyalakan Location Services pada Maps, dan matikan layanan tersebut di aplikasi lainnya.

Lalu, untuk mengunci settings tersebut, tap Don’t Allow Changes. Fitur tersebut tidak bekerja dengan cara menyembunyikan switch tersebut; namun hanya mencegah pnegguna dan aplikasi tertentu mengubah setting yang telah Anda buat tersebut.

Option Game Center

Setting terakhir pada Restriction/Parental Contol adalah yang berhubungan dengan Game Center, social hub untuk Game di iPhone Anda. Atur Multiplayer Games menjadi off dan pengguna tidak akan dapat meminta match, mengirim atau menerima undangan untuk bermain game, atau menambah teman di

Game Center

Ubah Adding Friends menjadi off dan mereka tidak dapat menerima permintaan pertemanan di Game Center – namun jika pilihan Multiplayer Games masih On, mereka dapat tetap bermain dengan teman-teman yang sudah terdaftar.

Advertisements

iOS masih belum memberikan fitur akun untuk multiple user, namun dengan cara memaksimalkan fitur Restrictions atau Parental Control di iPhone Anda ini mudah-mudahan dapat berguna bagi Anda yang ingin mengendalikan apa yang anak Anda dapat lakukan dengan iPhone. Entah iPhone itu milik Anda, atau miliki mereka.

Cara Memaksimalkan Fitur Restrictions atau Parental Control di iPhone Anda | guniwan | 4.5