Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Advertisements
Memandikan bayi yang baru lahir memang memerlukan cara yang baik dan benar, terutama bagi sebagian ibu yang baru melahirkan bayi pertamanya, cara memandikan bayi baru lahir memang memerlukan beberapa cara khusus agar tidak membahayakan bayi anda. Ketika memandikan bayi yang baru lahir harus ekstra hati-hati, untuk itu kami akan menyampaikan beberapa cara khusus untuk memandikan bayi yang baru lahir dengan aman dan nyaman bagi si kecil.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Berikut ini adalah beberapa cara memandikan bayi baru lahir:Siapkan semua peralatan mandi untuk bayi anda, seperti ember mandi, air hangat, sabun khusus untuk bayi dan sediakan handuk yang lembut untuk bayi anda.
Sebelum memandikan bayi, periksalah air yang sudah anda siapkan, jangan terlalu panas maupun terlalu dingin, suhu air yang hangat dapat membuat bayi anda lebih nyaman dan bayi anda tidak merasa kedinginan, dan sebaiknya anda juga tidak boleh memandikan bayi dengan menggunakan air dingin, karena air dingin akan membuat kulit bayi anda menjadi lebih kering dan tidak baik untuk kesehatan bayi anda.
Ketika memilih sabun bayi, pilihlah sabun yang aman tidak mengandung banyak deterjen, sebab kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan sebaiknya anda tidak menggunakan sabun antiseptik. Penggunaan sabun antiseptik pada bayi ini sangat tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi.
Hindari untuk memandikan bayi anda sesaat setelah makan, inilah yang dapat membuat bayi anda muntah setelah dimandikan.
Bukalah pakaiannya dengan hati-hati kemudian meletakkan bayi dipangkuan anda dengan dibalut handuk. Basuh bagian matanya dengan kapas yang sudah basah dengan menggunakan air matang yang dingin, usap bagian wajah dan mulut bayi anda dengan kapas basah tersebut.
Ketika memandikan bayi, perhatikan juga bagian lipatan tubuh bayi anda agar dibersihkan dengan lembut, basuh bagian kepala dan leher dengan hati-hati, sebaiknya anda tidak menggunakan busa, cukup dengan menggunakan tangan anda agar lebih lembut.
Untuk bagian kepala, gunakanlah waslap untuk membersihkannya dengan sampo khusus yang tidak pedih dimata. Letakkan satu tangan anda dibawah bayi anda untuk menyangga pada saat dimasukkan kedalam tempat mandi bayi.
Setelah semua bagian tubuh bayi dibasuh dengan air sampai bersih, angkatlah dengan hati-hati dan lindungi dengan handuk yang lembut, biarkan handuk tetap menempel pada bayi ketika akan memakaikan popok dan baju bayi. Agar lebih hangat gunakanlah minyak telon pada sekitar badan dan perut bayi anda.

Demikianlah beberapa cara memandikan bayi baru lahir dengan langkah-langkah yang mudah. Semoga tips ini dapat membantu anda untuk memandikan si kecil dengan aman dan nyaman.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir | infotipsbaru | 4.5