Cara Membuat Animasi GIF Dengan Mudah Dan Cepat

Advertisements

Dewasa ini cara membuat animasi GIF dengan cepat dan mudah akan mudah kita jumpai di berbagai situs atau website di internet. Animasi Gif tersebut biasanya dibutuhkan dalam melengkapi desain sebuah website yang dibuat sesuai berdasarkan tema dari website itu sendiri, atau saat ini sudah banyak juga animasi GIF yang digunakan untuk wallpaper pda handphone, dsb. Tentu dalam pembuatan nya tidak bisa dengan asal-asalan saja dan kita juga harus memiliki daya kereatifitas yang baik, tujuan nya yaitu agar dapat menciptakan sebuah animasi GIF semenarik mungkin.

Cara Membuat Animasi GIF

Dan untuk mempermudah pembuatan nya, kita dapat menggunakan sebuah aplikasi khusus untuk membuat animasi GIF yang dapat di download gratis di internet. Dan salah satunya adalah dengan menggunakan sebuah software SSuite Office-GIF Animator 2.0, walaupun software tersebut gratis namun sudah memiliki kemampuan yang cukup mumpuni dalam membuat animasi GIF. Akan tetapi tetap saja bagus dan sempurna nya hasil animasi tersebut tergantung dari kemampuan dan kreatifitas kita pada saat membuatnya.
Beberapa langkah dan cara membuat animasi GIF berikut iniJika belum memiliki software tersebut anda dapat mendownload nya terlebih dahulu, setelah itu jalankan program/software GIF animator tersebut. Dan kita akan melihat sebuah tampilan tab baru pada layar, dengan beberapa tombol serta sebuah kotak preview yang berfungsi menampilakn sebuah gambar yang akan dipilih. Setelah itu siapkan beberapa gambar yang akan dibuat untuk menjadi rangkaian animasi GIF, dan disarankan rangkaian gambar tersebut memiliki ukuran yang sama pada semua sisinya (berbentuk persegi) agar terlihat lebih rapi nantinya. Jika ingin membuat sebuah gambar animasi seperti pergerakan benda, maka sediakanlah gambar dengan pergerakan yang kecil di setiap detail gambarnya.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Kamera Pentax K-01
Advertisements

Hal tersebut bertujuan agar gambar dapat terlihat halus pergerakan nya, jika menggunakan gambar sebagai objeknya maka kita dapat menggunakan sebuah software editor seperti Photoshop atau Coreldraw. Setelah semua gambar siap, buka kembali sofware untuk membuat animasi GIF tadi. Pilihlah opsi yang bertuliskan Add pada software tersebut, kemudian masukan semua gambar yang telah dipersiapkan tadi. Disarankan setiap gambar di namai berurutan sesuai dengan urutan nya untuk memudahkan kita dalam mengurutkan pembuatan animasi tersebut. Setelah semuanya dimasukan dan urutan sudah sesuai dengan keinginan kita, kliklah kolom yang bertuliskan create untuk memulai proses pembuatan animasi GIF.

Advertisements

Dan setelah jadi kita dapat melihat hasilnya dengan menekan tombol view, dan jika sudah sempurna kita dapat menyimpan nya pada direktori tempat menyimpan hasil GIF tersebut. Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai cara membuat animasi GIF dengan cepat dan mudah, semoga sedikit ulasan di atas tadi dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semuanya.

Cara Membuat Animasi GIF Dengan Mudah Dan Cepat | guniwan | 4.5