Cara Mendidik Anak Untuk Patuh

Advertisements

Bagaimana sih cara mendidik anak untuk patuh pada kita? Kadangkala banyak orang tua yang bingung karena anaknya bandel dan tidak mau patuh atau nurut akan perkataan mereka, dan bertanya-tanya apa ada cara mendidik anak agar patuh dan nurut perkataan atau saran mereka. Kalau jaman dahulu rata-rata para orang tua itu mendidik anak-anaknya dengan cara yang keras, akan tetapi hal itu ternyata bukannya bagus ternyata dapat memberikan dampak buruk ketika mereka sudah dewasa. Anak yang dididik dengan keras umumnya malahan jadi suka melawan dan memberontak. Oleh karena itu sebaiknya kita sebagai orang tua lebih baik mendidik anak-anak kita dengan cara-cara yang baik dan persuasif, bukan dengan cara kekerasan lagi. hal ini tentu saja punya tujuan agar anak dapat patuh pada kita dengan sukarela tanpa paksaan. Silakan baca terus ulasan kami tentang cara mendidik anak yang baik berikut ini.

Anak – Anak

Cara Mendidik Anak dengan jalan Konsisten dengan Peraturan yang Anda Buat

Apabila anda menerapkan aturan yaitu anak-anak anda tidak boleh menonton televisi lagi setelah jam 9 malam, maka anda harus konsisten untuk menerapkan aturan ini. hal ini berlaku untuk aturan2 lainnya yang anda buat untuk anak-anak anda. Janganlah dibiarkan anak2 anda melanggar aturan2 tersebut agar mereka belajar disiplin.

Bersikaplah Lembut terhadap Anak

Tegas itu tak selamanya anda harus keras dan galak. Anda dapat bersikap lebih lembut namun tegas maka anak anda akan lebih mendengarkan perkataan anda dan mematuhinya. Membentak anak anda bukanlah cara yang baik, anak anda bukannya nurut dan patuh, malah umumnya jadi sebaliknya membangkang. Lembut disini bukan berarti anda tidak tegas, anda harus tetap tegas namun dengan kata-kata yang lebih lembut, bukan dengan cara membentak dengan suara yang lantang dan keras.

Baca Juga  Tips Agar Anak Pandai Bergaul (Part 1)

Berikanlah Contoh yang Baik kepada Mereka

Bagi anak anak-anak, orang tua adalah panutan buat mereka. Bila anda menunjukan rasa kasih sayang, sikap yang baik, dan tidak berkata-kata kotor, maka anak-anak anda akan menirunya dan lebih sayang juga pada anda. Sebaliknya jika anda sering berkata kasar, juga sering memukul mereka, maka akan tidak baik untuk perkembangan mental mereka, mereka akan cencerung memberontak, dan ikut-ikutan berkata kasar juga. jadi berikanlah contoh yang baik dan benar pada mereka, maka mereka akan lebih patuh pada anda, ini adalah salah satu cara mendidik anak yang baik dan benar.

Advertisements

Cara Mendidik Anak dengan jalan memberikan Pujian kepada Mereka

Memberikan pujian-pujian kecil dan sederhana yang tidak berlebihan sangat bagus untuk mendidik anak anda jadi lebih baik dan meningkat prestasinya. Akan tetapi jangan memberikan pujian yang berlebihan, semua yang berlebihan itu tidak baik, mereka bisa cepat puas diri dan bisa jadi sombong nantinya. Berikanlah pujian2 kecil seperti, “wah, anakku makin pintar yah” , “abang hebat yah!” dan lain2, hal ini akan membuat mereka jadi merasa lebih dihargai oleh anda, dan ujungnya mereka akan menghargai anda juga dan lebih patuh pada anda.

Jangan Terlalu Ketat dan Otoriter

Anda perlu untuk memberikan kebebasan anak anda untuk memilih apa yang disukai mereka, jangan paksakan keinginan anda pada mereka. Jika itu anda lakukan maka anda menjadi orang tua yang otoriter yang tidak mengerti keinginan mereka. Perhatikan saja apa bakat dan minat mereka sejak kecil dan arahkan mereka untuk meraih cita2 mereka sesuai bakat dan minat mereka. Jika mereka suka musik, biarkan mereka berkembang menjadi pemusik yang hebat, kalau mereka suka bermain basket, biarkan mereka berkembang menjadi pemain basket yang besar. Biarkan mereka menjadi orang yang sukses sesuai dengan bidang yang mereka minati. Tugas kita adalah memberikan saran, arahan dan dukungan.

Baca Juga  Cara Mendisiplinkan Anak yang Benar

Cara Mendidik Anak dengan memperkuat Hubungan dengan Anak

Anak-anak anda tentunya tidak akan mau nurut dan patuh pada anda kalau hubungan anda dan anak-anak anda tidak dekat, anda jarang komunikasi dan menghabiskan waktu bersama mereka karena kesibukan anda sensiri. Luangkanlah waktu anda untuk lebih sering bersama mereka, agar hubungan anda dan anak anda dekat, dan anda mengetahui perkembangan mereka, dan mereka merasa dapat perhatian dari anda sebagai orang tua. Kedekatan adalah salah satu cara mendidik anak yang baik dan cara membuat mereka patuh dan nurut akan perkataan anda.

Advertisements

Sampai disini ulasan kita tentang 6 cara mendidik anak untuk patuh, semoga saja ulasan kita tentang cara mendidik anak untuk patuh ini bisa bermanfaat buat anda dan dapat anda aplikasikan di kehidupan keluarga anda. Kalau anda punya pertanyaan, sharing atau saran untuk menambakan tentang topik cara mendidik anak ini, silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini yah. Dan kalau berkenan tolong dishare ke facebook, twitter atau google +1 anda yah. terima kasih

 

Cara Mendidik Anak Untuk Patuh | admin123 | 4.5