time 2 years yang lalu di topik #Android,Aplikasi

Ini Dia 5 Aplikasi Android Yang Dapat Merugikan SmartPhone Android

Advertisements

Android merupakan salah satu perangkat OS smartphone yang populer di Dunia. Segala kecanggihannya membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Salah satunya adalah mudahnya memasang berbagai aplikasi android yang menunjang kerja Anda. Namun, Android sering bermasalah yang membuat jengkel para penggunanya, seperti kuota internet cepat habis, baterai yang cepat habis, penggunaan RAM yang selalu sesak, dan ruang penyimpanan yang cepat sekali penuh. Ternyata masalah-masalah di atas bisa saja disebabkan oleh aplikasi android yang terinstal di handphone android Anda. Apalagi Android memiliki dua proses yakni foreground (aplikasi yang berjalan ketika Anda menjalankannya atau memainkannya) dan background (aplikasi yang berjalan bersama sistem, yang terus berjalan dimulai ketika Anda menyalakan smartphone Andoid) sehingga suatu aplikasi memang sangat berpengaruh terhadap kerja si smartphone.


Daftar Aplikasi Android yang Ternyata Merugikan Handphone Android Anda

Berikut 5 aplikasi yang berpengaruh dan cara mengatasinya :

  1. Aplikasi Social Media dan Shopping

Jika memiliki Android, pasti tidak akan lepas dari aplikasi sosmed dan shopping untuk menunjang gaya hidup Anda. Namun kedua aplikasi tersebut biasanya ditawarkan dengan ukuran dan memakan RAM banyak. Satu aplikasi android sosmed biasanya menghabiskan kurang lebih 45 MB RAM dengan ukuran 34-50 MB. Apalagi notifikasi yang terus menerus diterima smartphone akan menguras banyak kuota internet. Lebih baik jika ingin membuka sosmed dan shopping lewat aplikasi broswer dengan cara menyimpannya melalui bookmark.

aplikasi android yang merugikan kinerja hp android

  1. Aplikasi Antivirus

Walaupun memang membuat smartphone Anda lebih aman dari serangan virus malware atau yang sering menyerang smartphone, namun aplikasi antivirus umumnya menguras memori sebesar 9-30 MB. Bahkan menghabiskan RAM kurang lebih 40 MB karena antivirus berjalan secara backgroud, sehingga saat layar smarphone mati pun tetap jalan. Lebih baik untuk menghapusnya saja. Ingin tetap aman walau tak memakai antivirus android?. Cukup simpel, hanya lebih menjaga ketika Anda browsing. Browsinglah alamat-alamat yang memang aman untuk dibaca. Kemudian, pastikan mengunduh aplikasi android dari situs resmi seperti playstore karena aplikasi di sana tidak akan menyimpan virus yang berbahaya bagi smartphone Anda. Untuk menghapus suatu aplikasi dengan cara setting>kelola aplikasi> dan pilih aplikasi> lalu akan muncul rincian dan sentuh plihan “Copot pemasangan” atau “Non Aktifkan”, tunggu sekitar 1 menit, dan selesai.

Baca Juga  5 Aplikasi Android yang Harus di Install
Advertisements
  1. Aplikasi Bawaan Android

aplikasi android

Ketika Anda membeli smartphone pasti di dalamnya sudah terinstal aplikasi android native bawaan pabriknya. Sebenarnya hal tersebut justru akan mempermudah Anda agar tidak menghabiskan kuota lagi untuk menginstal aplikasi karena sudah tersedia. Namun, aplikasi yang disediakan terkadang sama sekali tidak berguna untuk Anda. Sangat disayangkan jika jarang digunakan, namun tetap jalan saat smarphone dalam keadaan layar menyala. Seperti contohnya adalah browser default bawaan android yang berukuran besar, dan saat Anda menjalankan justru membuat smartphone Anda lebih panas dari biasanya. Selain itu, browser bawaan juga menghabiskan RAM banyak dan menyerot kuota lebih boros. Lalu bila tidak diupgrade akan menghasilkan bug yang bermasalah nantinya. Akan lebih baik jika Anda menonaktifkan browser default dan menginstal browser pengembang lain yang lebih kecil memakan memori dan RAM smarpthone. Selain browser bawaan, live wallpaper juga akan menghabiskan baterai karena berjalan secara backgroud. Akan lebih baik jika menggunakan wallpaper standart atau diam.

  1. Aplikasi Pembersih dan Peningkat Peforma

Fungsinya memang untuk membersihkan sampah yang dihasilkan suatu aplikasi di smartphone dan meningkatkan perfoma RAM agar lebih lega, namun aplikasi ini juga meninggalkan cache yang justru akan membuat smartphone menjadi lambat dan penuh. Selain itu, memang benar mematikan aplikasi sehingga RAM lebih lega namun hanya sementara. Nyatanya aplikasi yang dimatikan akan aktif kembali dan RAM akan terpakai kembali. Tanpa perlu menginstal aplikasi tersebut, sebenarnya smartphone Anda juga bisa membersihkan secara manual. Anda masuk ke setting>kelola aplikasi> dan pilih aplikasi> lalu akan muncul rincian dan sentuh plihan “Bersihkan Cache” atau “Clear Cache”. Ingin RAM lebih lega cukup menghapus atau menonaktfikan aplikasi yang tidak terpakai.

  1. Aplikasi Cuaca
Baca Juga  Aplikasi GPS Offline Android Terbaik dan Gratis

Aplikasi cuaca sebenarnya kurang bermanfaat untuk Anda, justru malah menguras kuota internet karena selalu mengupdate cuaca terbaru. Umumnya aplikasi cuaca berukuran 618 MB dengan menghabiskan kurang lebih 23 MB RAM. Cukup besar untuk sebuah aplikasi yang hanya menampilkan info cuaca dan untuk Anda yang memang tidak suka berpergian. Ada baiknya untuk menonaktifkan dan menggantinya dengan aplikasi Google Now yang menyediakan info kondisi cuaca tempat namun akan berjalan hanya ketika Anda membuka aplikasi tersebut.

Advertisements

Nah sahabat gendruk semua, itu dia daftar aplikasi android yang tidak bagus untuk gadget android anda, dan sebaiknya anda remove saja dari hp android anda. Beberapa tips diatas akan berguna untuk menjaga smarphone Anda agar tidak mengalami kerusakan pada mesinnya. Masalah-masalah seperti kehabisan memori, kesesakan RAM atau boros kuota dapat teratasi. Tetap selalu jaga kualitas dan kerja smartphone Anda sehingga dapat lancar menunjang karir Anda.

tags:

aplikasi backgound dan foreground di android, aplikasi sistem yg aman dimatikan xiaomi, Aplikasi yang merugikan, apps bawaan xiomi yg merugikan
Ini Dia 5 Aplikasi Android Yang Dapat Merugikan SmartPhone Android | guniwan | 4.5