Jadwal Pertandingan Piala AFF 2012 Lengkap

Advertisements
Jadwal Lengkap Pertandingan Piala AFF 2012 – Ajang bergengsi 2 tahunan sepak bola antar negara ASEAN akan kembali digelar tahun ini, yaitu Piala AFF Suzuki Cup 2012 yang akan digelar di Malaysia. Yang menarik, tim Indonesia akhirnya menggunakan semua jajaran pemain terbaik dari PSSI maupun KPSI yang sempat adu urat syaraf beberapa waktu lalu, seperti Bambang Pamungkas.
Piala AFF Cup 2012
Tim Indonesia yang akan digawangi oleh Nil Maizar, mantan pelatih Semen Padang, telah melakoni beberapa sesi pertandingan percobaan dengan Timor Leste dan Kamerun. Hasilnya pun cukup membanggakan, saat melawan Timor Leste, Indonesia berhasil menundukkan Timor Leste dengan angka 1-0, sedangkan saat melawan Kamerun yang diatas kertas lebih unggul dibadingkan Tim Indonesia, Indonesia pun dapat mempertahankan gawang tanpa kebobolan sekalipun dengan hasil akhir 0-0.
Dari hasil tersebut kelihatannya, Indonesia kelihatannya kali ini lebih maju satu langkah dibandingkan sebelumnya. Dan diharapkan Indonesia dapat meraih medali emas, yang belum pernah kita dapatkan sekalipun.
Pada babak penyisihan, Indonesia pada tanggal 25 November akan bertemu dengan Laos, walaupun diatas kertas negara Laos masih kalah jauh dibandingkan Indonesia, tapi Indonesia wajib berhati-berhati karena taktik Laos yang mengandalkan umpan balik sangat cepat dan ciamik yang dapat membuat Tim Indonesia mungkin akan sedikit was-was di lini belakang.
Pada babak penyisihan kedua, Indonesia pada tanggal 28 November akan bertemu dengan salah satu tim yang dapat diperhitungkan di kawasan ASEAN, yaitu Singapura. Singapura yang hanya berbeda satu peringkat diatas Indonesia menurut peringkat FIFA November 2012, ini mungkin akan sedikit menjadi beban bagi TIMNAS kita. Apalagi, dari beberapa pertandingan yang pernah dilakukan, hasilnya pun hampir sama. Alasan lainnya, Singapura banyak memiliki pemain yang cukup berbakat dan banyak merumput di banyak liga di kawasan ASEAN, hal ini akan membuat nilai lebih bagi mereka karena memiliki pengalaman yang cukup.
Di babak penyisihan ketiga, Indonesia pada tanggal 1 Desember akan berhadapan dengan rival abadi Indonesia, yaitu Malaysia, pemenang juara AFF Cup 2010 lalu. Dari segi pengalaman, tim Malaysia boleh diakui lebih unggul dibandingkan dengan Tim Indonesia, begitupun dengan peringkat FIFA yang meletakkan Malaysia dua angka diatas Indonesia. Tapi, jangan salah dulu, Indonesia kali ini lebih siap dibandingkan tahun lalu baik dari segi performa dan mental. Jadi, anda jangan pesemis dulu.
Dari segi pembagiaan grup, walaupun Indonesia satu grup dengan Malaysia, Singapura dan Laos di grup B. Timnas kita boleh dikatakan akan sedikit kesulitan karena akan bertemu dengan rival abadi yaitu Malaysia pada bebak penyisihan terakhir. Di grup A sendiri, terdapat Thailand, Vietnam, Philipina dan Myanmar, grup ini boleh dikatakan grup juga sangat ketat persaingannya karena dari segi penampilan Thailand cukup memiliki pengalaman yang lebih, Vietnam yang pernah menjuarai piala AFF Cup tahun 2008, Philipina yang mengandalkan pemain naturalisasinya yang cukup banyak serta Myanmar yang sangat berkembang beberapa tahun ini.
Nah, dari ulasan diatas mungkin anda sudah mulai penasaran setibanya pertandingan nanti. Sekaligus anda pasti akan bertanya-tanya jadwal lengkap pertandingannya.  Berikut admin sajikan jadwal lengkap piala AFF Suzuki Cup 2012. Berikut datanya:

Jadwal Babak Penyisihan Grup Piala AFF 2012

Baca Juga  Paris Saint-German Tanpa David Beckham
Advertisements

Sabtu 24 November 2012 : Vietnam vs Myanmar (Grup A)
Sabtu 24 November 2012 : Thailand vs Filipina (Grup A)
Minggu 25 November 2012 : Indonesia vs Laos (Grup B)
Minggu 25 November 2012 : Malaysia vs Singapura (Grup B)
Selasa 27 November 2012 : Vietnam vs Filipina (Grup A)
Selasa 27 November 2012 : Myanmar vs Thailand (Grup A)
Rabu 28 November 2012 : Indonesia vs Singapura (Grup B)
Rabu 28 November 2012 : Laos vs Malaysia (Grup B)
Jum’at 30 November 2012 : Filipina vs Myanmar (Grup A)
Jum’at 30 November 2012 : Thailand vs Vietnam (Grup A)
Sabtu 1 Desember 2012 : Singapura vs Laos (Grup B)
Sabtu 1 Desember 2012 : Malaysia vs Indonesia (Grup B)

Jadwal Babak Semifinal Piala AFF 2012

Sabtu 8 Desember 2012 : Runner-up Grup A vs Juara Grup B (Leg 1 – SF1)
Minggu 9 Desember 2012 : Runner-up Grup B vs Juara Grup A (Leg 1 – SF2)
Rabu 12 Desember 2012 : Juara Grup B vs Runner-up Grup A (Leg 2 – SF1)
Kamis 13 Desember 2012 : Juara Grup A vs Runner-up Grup B (Leg 2 – SF2)

Jadwal Final Piala AFF 2012

Rabu 19 Desember 2012 : Pemenang SF1 vs Pemenang SF2 (Leg 1)
Sabtu 22 Desember 2012 : Pemenang SF2 vs Pemenang SF1 (Leg 2)

Pertandingan ini akan ditayangkan di RCTI, sama seperti tahun lalu. Berikut jadwal jam tayang pertandingan Indonesia di RCTI.
Advertisements
Baca Juga  Paris Saint-German Tanpa David Beckham

Indonesia vs Laos, 25 November 2012 Pukul 17:00 WIB Langsung di RCTI
Indonesia vs Singapura, 28 November 2012 Pukul 17:000 WIB Langsung di RCTI
Indonesia vs Malaysia, 1 Desember 2012 pukul 19:00 WIB Langsung di RCTI

Cukup puaskan dengan jadwal lengkap pertandingan piala AFF 2012 serta dengan sedikit ulasannya , semoga dapat mmenjawab rasa ingin tahu anda. Satu lagi, jangan lupa dukung TIMNAS Indonesia tercinta.
Jadwal Pertandingan Piala AFF 2012 Lengkap | | 4.5