time 2 years yang lalu di topik #Kesehatan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh dan ibu Hamil

Advertisements

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil by www.Gendruk.com – Cara Membuat susu kedelai sebenarnya cukuplah mudah, akan tetapi perlu sedikit keahlian untuk dapat menghasilkan olahan kedelai ini agar menjadi susu yang nikmat untuk dikonsumsi. Manfaat Susu Kedelai untuk ibu hamil pun memang sudah tidak asing lagi. Ketika seorang ibu hamil, ini merupakan momen yang sangat berharga dan ditunggu-tunggu, apalagi ketika itu adalah kehamilan yang pertama. Dan pada saat wanita hamil itu sangat berbeda dengan masa tidak hamil. Saat hamil banyak makanan yang tidak boleh dimakan. Ketika sang ibu hamil, harus dipastikan sang ibu menerima cukup kebutuhan gizi. Agar nantinya janin lahir dengan normal dan sehat.


Ketika seorang ibu sedang hamil biasanya sangat dianjurkan untuk meminum susu. Namun apakah manfaat susu kedelai itu sendiri untuk para ibu hamil? Ternyata susu kedelai juga dapat dikonsumsi oleh para ibu hamil, susu kedelai ini dapat membuat kulit bayi menjadi halus, putih, dan bersih. Susu kedelai sebenarnya sari kedelai yang diolah menjadi serbuk sehingga menyerupai susu, oleh karena itu kebanyakan masyarakat menyebutnya susu kedelai.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Apa saja manfaat susu kedelai dari kandungan yang terdapat di dalamnya, Berikut diantaranya :

susu kedelai

foto susu kedelai

Asam Folat

asam folat

foto asam folat

Susu kedelai yang mengandung asam Folat sangat penting bagi ibu hamil dikarenakan dapat memberikan nutrisi. Jika pada masa awal kehamilan sang ibu rutin minum susu kedelai, asam folat yang terdapat pada susu kedelai akan membantu pertumbuhan sel-sel saraf yang terdapat pada janin di dalam kandungan sang ibu berjalan normal dan sehat.

Baca Juga  Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Trimester Pertama

Protein

protein

foto protein

Protein merupakan gizi yang harus terpenuhi pada saat sang ibu hamil. Ini dikarenakan pembentukan organ-organ janin secara maksimal memerlukan protein yang cukup. Sel-sel yang rusak dapat diganti dan diperbaiki oleh protein yang terdapat pada susu kedelai. Dalam hal ini, manfaat susu kedelai bagi ibu hamil adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh baik ibu maupun janin. Protein yang terdapat pada susu kedelai antara lain : glisin, arginine, treonin, lisin, dan lain-lain.

Advertisements

Vitamin

vitamin

gambar vitamin

Vitamin yang diperlukan untuk ibu hamil juga terdapat pada susu kedelai. Vitamin yang terdapat pada susu kedelai memberikan asupan energi yang cukup untuk ibu hamil, sehingga kondisi sang ibu akan tetap segar dan bugar. Vitamin-vitamin itu antara lain : Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B12 dan Vitamin E. Jadi manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dengan kandungan banyak vitamin tersebut adalah menjaga kesehatan janin agar tetap sehat dan normal.

Lemak Nabati

lemak nabati

gambar lemak nabati

Di dalam susu kedelai juga terdapat lemak, lemak ini adalah lemak nabati. Dan manfaat susu kedelai bagi ibu hamil adalah menyediakan cadangan lemak bagi ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandungan. Jika ibu mengonsumsi susu kedelai, kemungkinan sang ibu dan janin tidak akan kekurangan lemak. Lemak jenis ini mampu memerangi kolesterol jahat yang ada pada tubuh, sehingga dapat mengontrol kolestrol.

Baca Juga  Fase awal dari tanda-tanda kehamilan

Karbohidrat

Karbohidrat

gambar Karbohidrat

Advertisements

Ibu hamil harus memiliki energi yang kuat pada masa kehamilan, jadi sangat baik bila ibu hamil mengonsumsi susu kedelai. Karena di dalam susu kedelai terdapat karbohidrat yang penting untuk memenuhi kebutuhan energi. Dengan adanya kandungan karbohidrat maka manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh dan bagi ibu hamil adalah mencegah bayi lahir cacat atau prematur. Ini dikarenakan penghambatan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang di sebabkan karena kekurangan karbohidrat saat masa kehamilan.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh dan ibu Hamil | guniwan | 4.5