Menulis Artikel Dari Setumpuk Majalah Bekas Dalam Sekejap

Advertisements

Bagaimana jika anda melihat setumpuk majalah bekas teronggok di gudang begitu saja ? apakah akan anda buang? Atau malah anda jual di tukang loak? Atau mungkin justru anda gunakan untuk membuat petasan?

Majalah bekas sebenarnya mempunyai fungsi yang banyak jika kita mampu kreatif mengolahnya, kita bisa berkreasi membuat aneka kerajinan tangan yang bernilai seni, bahkan juga bisa kita gunakan sebagai bneda pakai. Namun, bukan itu yang akan saya bahas.

Majalah bekas berisi informasi yang sudah kadaluarsa, kalau istilah anak muda bilang sudah jadul dan gak up to date. Namun sadarkah kita bahwa sebenarnya masih banyak informasi yang masih relevan dengan kehidupan sekarang ini? Semilsal tips tips kesehatan, kecantikan dll.

Nah, dari tips itu bisa kita tulis ulang untuk kepentingan blog atau buku.Kita tidak perlu repot repot menulis ulang semua yang ada di majalah, tinggal sekali jepret dan sekali klik, kita akan mendapatkan artikel tersebut. Kita bisa mendapatkan ratusan artikel dalam beberapa jam saja.

Advertisements

Adalah http://www.free-ocr.com/ sebuah situs yang mempunyai fasilitas mengolah gambar menjadi teks.

Langkah langkah yang harus dilakukan

  1. Cari majalah bekas dengan artikel yang sesuai dengan topic yang kita inginkan
  2. Scan artikel tersebut (bisa juga anda foto) usahakan yang masih jelas terbaca
  3. Simpan hasil scan/foto tersebut dalam format *.jpeg
  4. Masuk ke http://www.free-ocr.com/
  5. Upload foto tersebut dan klik .. wallaaaa artikel tersebut sudah siap dan tinggal diedit sedikit, barang kali ada yang salah
  6. Posting di blog/buat file untuk buku

Pada prinsipnya web ini seperti scanner yang bisa mengonvert gambar menjadi tulisan.Sebagai catatan jika artikel terdiri dari 2 kolom atau lebih, sebaiknya di-crop dan dijadikan 1 kolom. Dengan cara ini anda bisa memanfaatkan majalah bekas yang ada disamping masih bisa digunakan untuk kerajinan tangan.

Tetapi ingat, etika penulisan harus diingat (bahaya plagiatisme).

Advertisements

Semoga bermanfaat.

Menulis Artikel Dari Setumpuk Majalah Bekas Dalam Sekejap | guniwan | 4.5