Snapchat, Aplikasi Social Media Paling Hits 2016

Advertisements

Snapchat, Aplikasi Social Media Paling Hits 2016 – Di antara beberapa aplikasi pesan yang beredar di App Store dan Play Store, terdapat sebuah aplikasi yang memiliki fitur berbeda, menempatkannya di bagian yang lebih spesifik dibandingkan yang lain. Aplikasi tersebut adalah Snapchat.

Seringkali Snapchat menjadi pembicaraan di media lokal bahkan internasional, mengenai keunikannya serta kesuksesannya mempertahankan eksistensi di antara himpitan pengembang besar lainnya. Di Indonesia sendiri pun aplikasi Snapchat belum terlalu populer, namun menyaksikan tren penggunaan smartphone yang terus bertumbuh, ada impian sangat besar Snapchat akan jadi salah satu aplikasi paling hits di tahun 2016.

Apa Itu Snapchat?

Pertanyaan tersebut mungkin terbesit dalam pikiran Anda, walaupun telah sering membaca berita mengenai Snapchat di media. Snapchat adalah salah satu aplikasi social media atau juga pesan mobile yang sangat unik dimana setiap penggunanya bisa saling berkirim foto dan video yang tidak lama secara otomatis akan terhapus hanya dalam hitungan detik.

Snapchat dapat menjadi aplikasi social media yang sangat menyenangkan terutama di kalangan remaja masa kini yang sering menggunakan gadget. Para pengguna juga bisa membuat foto atau video menjadi lebih komunikatif dengan menambahkan teks maupun dengan coretan pensil. Foto atau video itu disebut Snap yang selanjutnya bisa dikirimkan kepada teman yang terdapat di kontak. Kemudian penerima bias melihat foto atau video itu dengan durasi waktu yang telah ditetapkan oleh pengirim sebelumnya. Selanutnya foto atau video akan hilang.

Sejarah diciptakannya Snapchat oleh 3 orang mahasiswa Stanford University, yakni Evan Spiegel, Reggie Brown, dan Bobby Murphy. Awalnya ini merupakan projek kelas Brown dan Spiegel dengan nama Picabbo. Kedua orang ini selanutnya mengajak Murphy untuk menjadikannya nyata dalam bentuk aplikasi. Pada bulan Juli tahun dua ribu sebelas, Picabbo resmi mengawali debut tetapi selanjutnya diubah menjadi Snapchat dan rilis di Android pada 29 November 2012.

Tidak perlu waktu lama untuk Snapchat memikat perhatian dunia. Cuma dalam tempo 2 tahun, Snapchat telah mengirimkan lebih dari tujuh ratus juta foto dan video per harinya. Snapchat Stories paling tidak dikunjungi lima ratus juta kali setiap harinya. Popularitas Snapchat yang merkoket membuatnya diberikan pendanaan dari investor – investor. Membuat Snapchat menjadi perusahaan bernilai Miliaran Dollar. Facebook juga ternyata pernah tertarik dan mau membayar mahal demi mendapatkan tanda tangan petinggi-petingginya, tetapi mendapat penolakan mentah-mentah.

Advertisements

aplikasi snapchat

Apa Saja Fitur-fitur Aplikasi Snapchat?

Fungsi atau kegunaan Snapchat telah termasuk dalam pengertiannya di atas. Sekarang marilah kita bahas apa sajakah fitur-fitur yang terdapat pada Snapchat.

Snapchat memiliki interface utama yang tak rumit, menurut saya bahkan termasuk biasa saja. Ketika pertama kali dijalankan aplikasi Snapchat ini akan langsung menampilkan kamera yang dapat diganti ingin kamera belakang atau depan. Pada bagian bawah tengah terdapat tombol besar yang kegunaannya sebagai shutter. Sekali tap aplikasi akan memoto objek yang ada di depan atau belakang kamera (tergantung kamera sebelah mana yang digunakan), apabila ditahan aplikasi akan merekam video.

Terdapat juga fitur penambahan teman yang dapat dicari lewat username atau daftar kontak. Pada panel yang sama para pengguna juga bisa mendapatkan daftar teman yang telah ditambahkan. Dengan daftar itu para pengguna bisa saling mengirim pesan secara pribadi.

Fitur Snapchat yang lainnya dan termasuk fitur baru yaitu Discover. Discover adalah fitur konten yang menyaikan berbagai macam berita dari media-media ternama seperti Cosmopolitan, CNN, MTV, Daily Mail, Vice, Yahoo dan lain-lain.

Kemudian terdapat fitur yang disebut Story. Fitur ini memberi kemungkinan para pengguna untuk memutar video personal dirinya kepada teman-temannya. Video ini bisa dilihat secara berulang-ulang oleh para pengguna dan akan terkirim ke semua kontak dalam jangka waktu dua puluh empat jam sebelum kemudian hilang.

Terakhir Snapchat memiliki fitur yang juga tergolong muda, yakni Snapcash. Fitur Snapcash ini menawarkan kemudahan kepada para pengguna yang mau mengirimkan uang kepada pengguna lainnya.

Kini Snapchat hadir dalam 2 platform, iOS dan Android . Para pengguna bisa mengunduh aplikasi secara free atau gratis.

 

Demikian adalah sedikit ulasan dari Snapchat, Aplikasi Social Media Paling Hits 2016 khususnya di kalangan para remaja. Selamat membaca.

Snapchat, Aplikasi Social Media Paling Hits 2016 | guniwan | 4.5