Tips Melindungi Smartphone Android dari Virus

Advertisements

Tips Melindungi Smartphone Android dari Virus copyright by Gendruk.com – Sejak adanya komputer modern, malware telah menjadi salah satu masalah yang merepotkan. Trojans, rootkits, spyware, keyloggers dan beberapa jenis lainnya telah menyerang komputer kita selama ini. Pada umumnya para pengguna kini sudah lebih waspada untuk memasang pelindung terhadap virus pada komputer atau laptop mereka.

Saat ini smartphone juga dapat dikatakan sebagai komputer mini, dan seperti layaknya sebuah komputer maka smartphone juga tidak lepas dari resiko terserang berbagai macam jenis virus.Memang sulit untuk dipercaya, para developer kini menghabiskan waktu mereka untuk mengembangkan malware smartphone yang membiarkan mereka untuk mengakses informasi pribadi anda , mengekploitasi data pribadi anda, bahkan yang lebih buruk malware tersebut dapat merusak perangkat smartphone anda. Android merupakan mobile platform yang berkembang dengan pesat yang memiliki jumlah aplikasi lebih dari 600,000 aplikasi di Google PlayStore dan 100,000 diantaranya bersatus “dipertanyakan”. Maka dari itu anda harus melindungi smartphone android atau tablet android anda dari virus-virus mobile yang berkembang.

Inilah Tips Lengkap Melindungi Smartphone Android dari Virus

melindungi smartphone dari virus

Seperti kata pepatah mencegah lebih baik daipada mengobati, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk melindungi handphone android anda dari serangan virus.

Advertisements
  • Disaat akan mendownload aplikasi, usahakan untuk memilih mendownload di pasar aplikasi yang terjamin seperti Google Play Store atau Amazon Appstore. Memang harga di dua pasar aplikasi tersebut sedikit lebih mahal daripada di pasar aplikasi lainnya tetapi keamanan aplikasinya lebih terjamin.
  • Untuk para pemula pengguna smartphone, sangat disarankan untuk menjaga penginstallan dari sumber yang tidak diketahui dalam keadaan “off” di fitur Setting. Hal ini berfungsi untuk membantu memastikan bahwa tidak ada hal yang masuk ke dalam sistem kecuali lewat channel resmi.
  • Sebelum mendownload aplikasi yang anda inginkan, sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk membaca review dari aplikasi tersebut dan lihat juga rating aplikasi tersebut. Biasanya aplikasi yang baik dan cukup aman memiliki rating lebih dari 3 bintang.
  • Pada Android versi 2.2 keatas Google sudah menambahkan fitur keamanan pada setiap android. Masuk ke Setting > Security lalu beri tanda centang pada Verify Apps.
  • Perhatikan baik-baik izin akses yang diminta aplikasi yang ingin anda download dan gunakan pengamatan anda sendiri untuk memutuskan apakah anda benar-benar memerlukan aplikasi tersebut atau tidak, karena bukanlah suatu hal yang baik jika ada sebuah aplikasi Puzzle Game yang ingin mengakses kontak dan aplikasi telepon yang ada pada smartphone anda.
  • Jangan sembarangan mengakses link atau tautan yang biasanya ada pada sosial media atau email anda di smartphone. Anda tidak pernah tahu hal apa yang ada dibalik URL tersebut dan anda akan sulit untuk memeriksanya di smartphone anda.
  • Hindari aplikasi-aplikasi bajakan dari sumber-sumber yang tidak resmi. Bukan saja hal itu melanggar kode etik tetapi juga hal itu dapat membahayakan smartphone anda karena aplikasi-aplikasi tersebut tidak terjamin keamanannya dan anda tidak tahu apa konsekuensi yang akan anda dapatkan jika menginstall aplikasi bajakan tersebut kedalam smartphone anda.
  • Update Android anda secara berkala sesuai arahan dari produsen. Anda dapat melakukannya dengan cara masuk ke Setting > About Phone > System Updates.
  • Install aplikasi keamanan Android, banyak aplikasi keamanan yang ada Google Play Store seperti contohnya Avast! Free Mobile Securitty, Lookout Mobile Security dan Norton Mobile Security.
Advertisements

Itulah beberapa tips yang perlu anda lakukan agar smartphone android kesayangan anda bebas dari virus yang berbahaya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pada dasarnya smartphone itu layaknya sebuah komputer yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data pribadi yang sifatnya penting, apalagi bila data yang anda simpan tersebut ada kaitannya dengan informasi mengenai data rekening atau data pribadi super penting lainnya, maka akan sangat beresiko tinggi bila membiarkan smartphone anda bebas untuk dimasuki virus yang kemungkinan tidak hanya akan dapat menghapus data pribadi anda namun juga dapat mencurinya dan disalahgunakan oleh orang lain.

Tips Melindungi Smartphone Android dari Virus | guniwan | 4.5