Tips Mudah Menghemat Kuota Internet Smartphone Android

Advertisements

Tips menghemat Kuotta Internet di ndroid Anda oleh abang Ganteng gendrukMenggunakan smartphone android memang sudah kewajiban bagi pengguna untuk membeli paket internet. Karena tanpa paket internet fungsi smartphone terasa tidak maksimal, hampir semua aplikasi pada smartphone dengan operasi sistem android, iOS, maupun windows phone sekalipun telah menggunakan akses internet. Mulai dari aplikasi messenger seperti BBM, WhatsApp, atau aplikasi social media yang lainnya sampai game. Walaupun memang ada game yang offline atau tidak menggunakan akses internet saat bermain.

Masalah yang sering timbul umumnya pada pengguna hp android adalah boros kuota internet. Apalagi remaja yang senang sekali berselancar di dunia maya, aktifitas di aplikasi messenger mulai dari chatingan, berkirim gambar atau foto, sampai dengan video call dengan keluarga yang jauh tentunya akan memakai kuota internet yang tidak sedikit, lalu bagaimana cara mengehemat kuota internet di android? Di kesempatan kali ini penulis akan berikan tips hemat kuota internet android anda.

Ini dia Beberapa Tips Yang dapat Menghemat Kuota Internet di Android Anda

 

tips hemat kuota nternet di android

  1. Selektif menggunakan aplikasi messenger

Biasanya para remaja memiliki lebih dari dua akun messenger pada satu smartphone mereka, misalkan ia menginstall BBM, WhatsApp, Kakao Talk, Line, We Chat, ini sangat boros kuota internet, chatingan dengan frekuensi yang sering serta aplikasi yang beragam akan membuat kuota internet terus menerus terpakai. Ada baiknya anda pilih salah satu atau maksimal dua selain cara ini bisa menghemat kuota internet anda juga tidak akan pusing untuk manage akun anda.

Baca Juga  Kartu Perdana Tri AON 2 GB, 5GB, 17 GB dan 21 GB
Advertisements
  1. Matikan media auto download

Di beberapa aplikasi messenger dan social media seperti facebook, WhatsApp, Twitter, & Facebook, ada fitur media auto download serta auto play, misalnya saja fitur facebook terbaru auto play video (Baca Cara mematikan Fitur Autoplay Video Facebook ini Disini) , jika anda pengguna data koneksi serta jarang menggunakan Wi-Fi sebaiknya fitur ini dimatikan karena cukup boros memakai kuota internet. Memang tidak terasa biasanya kita berfikiran “ah.. hanya beberapa gambar atau video” tetapi jika ini lama kelamaan di biarkan efeknya akan sangat terasa tiba-tiba saja kita mendapatkan sms notifikasi bahwa kuota internet kita telah habis.

  1. Matikan auto update pada Google Play Store

Menghidupkan auto update bagi sebagian orang sah-sah saja apalagi mereka yang setiap hari terkoneksi ke Wi-Fi kantor, sekolah, kampus atau hotspot corner lainnya. Bagi kita yang menggunakan paket internet yang cukup mahal serta kuota internet yang tidak terlalu banyak ini sangat tidak recommend karena tanpa notifikasi apapun biasanya aplikasi yang sudah minta di update akan terupdate otomatis dan lagi-lagi kuota internet hilang dengan cepatnya, atau bagi anda yang ingin up to date dan terkadang terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi memilih opsi auto update saat terkoneksi dengan Wi-Fi.

  1. Gunakan GPS seperlunya

Banyak aplikasi meminta izin untuk menghidupkan GPS pada smartphone kita, dan tidak mematikannya kembali GPS pada posisi on ini akan cukup memakan kuota, jadi jika ada beberapa aplikasi yang meminta izin untuk menghidupkan GPS secara otomatis ada baiknya kita deny lagipula kita bisa aktifkan GPS kita secara manual tanpa auto-on dari aplikasi bukan?

  1. Matikan auto sync
Baca Juga  Paket Opera Mini Xl Mulai Seribuan

Fitur auto sync yang ada pada android memang cukup membantu untuk selalu up to date dengan apa yang sudah kita lakukan pada suatu akun seperti menambahkan informasi kontak, sms, note, bahkan sampai backup data dan restore data sekalipun, tetapi fitur ini juga membutuhkan kuota internet walaupun memang tidak terlalu menguras kuota, Biasanya kita melakukan snyc terhadap data yang tidak terlalu penting dan tidak terlalu urgent. Kita bisa melakukan sync saat terkoneksi dengan Wi-Fi itu cukup membantu dalam mengehmat kuota anda.

Advertisements

Kesimpulan yang bisa anda ambil dari artikel tips menghemat kuota internet di android ini adalah selektiflah dalam menginstall aplikasi adroid apapun jangan hanya terpegaruh teman atau sekedar ikut-ikutan perhatikan pula dampak yang ditimbulkan akibat pemborosan kuota internet otomatis juga akan tejadi pemborosan uang.

Tips Mudah Menghemat Kuota Internet Smartphone Android | guniwan | 4.5