Tips Pertolongan pada Smartphone yang Terjatuh di Air

Advertisements

Smartphone anda terjatuh ke dalam ai atau bahkan tidak sengaja tersiram air? Janganlah panik karena gendruk.com punya solusinya untuk anda. Terkadang entah karena kecerobohan kita atau karna tidak sengaja sebuah handphone atau smartphone bisa terjatuh entah ke kolam renang hingga bak kamar mandi. Semua body smartphone anda terendam air, lalu apa yang harus anda lakukan? Berikut ini merupakan tips untuk anda yang ingin memberikan pertolongan pertama pada smartphone yang terjatuh kedalam air.

Langkah pertama adalah jangan menghidupkan smartphone anda.
Bila setelah jatuh, smarphone dalam keadaan mati maka biarkan saja. Jangan mencoba untuk menghidupkan gadget kesayangan anda itu. Bia masih hidup maka segera matikan smartphone anda. Taukah anda bahwa sirkuit listrik smartphone anda jelas basah karena terndam air. Jangan biarkan sirkuit itu rusak karena saat basah anda mencoba menhidupkan.

Langkah kedua lepaskan baterai, memory card, serta kartu sim.
Lepas semua bagian yang bisa dilepas di smartphone anda terutama adalah baterai karena baterai mengandung power listrik yang jika terkena air akan merusaknya. Namun bila smartphone anda baterainya tidak bisa dilepas, ya terpaksa lewati step ini.

Advertisements

Langkah kempat adalah mengeringkan semua bagian smartphone.
Keringkan dengan udara bukan dengan alat yang menghasilkan panas secara langsung seperti hair dryer. Lebih baik gunakan udara dari kipas angin saja. Anda juga bisa menggunakan panas matahari secara tidak langsung. menggunakan pengering yang menghasilkan panas secara langsung bukannya membantu tapi malah akan merusak komponen smartphone anda.

Langkah kelima pendamlah smarphone menggunakan beras.
Apa beras? ya benar menggunakan beras. Beras terkenal dapat menyerap kelembaban. Itu merupakan hal yang alami yg dilakukan beras. Cara kerjanya adalah ambil toples lalu “kubur” smartphone bersama baterai di dalam toples berisi penuh beras. Biarkan beras beraksi seharian penuh menyerap kelembapan di dalam smartphone anda.

Langakh terakhir adalah pasang dan hidupkan smartphone anda.
Berdoalah sebelum berlanjut pada step ini. Semua kerja keras anda seharian akan ditentukan disini. Pasang baterai smartphone anda, charge, lalu hidupkan. Bila berhasil maka smartphone akan berjalan seperti semula.

Advertisements

Itu tadi merupakan cara menyelamatkan smartphone yang terjatuh kedalam air. Semoga bisa membantu anda yang kebingungan mencari cara menyelamatkan smartphone yang terkena air. Baca juga Tips dan Trick 3 Rahasia Mempercepat Kinerja Android.

Tips Pertolongan pada Smartphone yang Terjatuh di Air | guniwan | 4.5