time 2 hours yang lalu di topik #HP Samsung,Software & Apps

Yuk Kenalan dengan Bixby Voice Sebelum Beli Samsung Galaxy S8 – S8 Plus

Advertisements

Salah satu software andalan yang menjadi fitur bawaan Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ adalah Bixby. Ada Bixby Voice, Bixby Home dan Bixby Vision. Dari ketiganya, Bixby Voice memiliki peran yang cukup unik dalam memanjakan anda ketika menggunakan salah satu dari ponsel high-end Samsung keluaran 2017 tersebut. Jika anda berencana membeli salah satu ponsel di atas, tidak ada salahnya untuk kenalan dengan Bixby lebih awal.


Peran Bixby Voice mirip dengan Google Assistant atau Siri milik iPhone yang bisa anda suruh untuk menjalankan tugas tertentu atau mengontrol setting tertentu. Bahkan Bixby lebih canggih dari Google Assistant dengan fungsi yang lebih banyak. Contohnya, untuk menjalankan aplikasi yang tidak memiliki fungsi toggle (On/Off), anda bisa memintanya dengan perintah lebih spesifik, seperti “Open Settings and increase the font size”. Secara otomatis Bixby akan membuka Settings dan memperbesar ukuran font.

Berikut adalah beberapa fungsi Bixby Voice yang dapat merubah cara anda berinteraksi dengan ponsel:

Bixby Voice dapat Memerintah Aplikasi Pihak Ketiga

fitur bixby voice

Bixby Voice tidak hanya bisa memerintah aplikasi bawaan Samsung saja. Anda juga bisa memerintah aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, Google Play Music, Instagram, Facebook Messenger, Twitter, Uber, WhatsApp, YouTube, Tumblr, dan Google Maps.

Untuk berinteraksi dengan aplikasi-aplikasi tersebut, anda cukup mengatakan “Open + nama aplikasi + perintah apa yang anda inginkan. ” Sebagai contoh untuk mulai berinteraksi dengan Facebook anda bisa mengatakan “Open Facebook and show my notification”. Secara otomatis Bixby akan membuka aplikasi Facebook dan menampilkan sesuai yang anda perintahkan. Selebihnya anda bisa melakukan improvisasi sesuai dengan kebutuhan.

Advertisements

Uniknya Bixby dapat mengenali beberapa bahasa tapi sayangnya belum mengenali bahasa Indonesia. Saat ini Bixby sudah support dengan bahasa Korea, Inggris dan sebentar lagi bahasa Cina.

Bixby Voice Text Command

Selain dengan perintah suara Bixby juga bisa mengenali perintah melalui teks. Ini sangat berguna jika anda malas berbicara. Cukup pilih menu Search Command atau dengan menekan ikon Bixby Voice yang terletak di bagian bawah layar. Setelah itu drag ke tampilan keyboard yang muncul dan ketikkan perintah dalam kolom yang tersedia.

Meskipun cara ini agak ribet tapi kecerdasan Bixby Voice sama hebatnya dengan perintah teks.

Bixby Voice bisa Mengaktifkan/Menonaktifkan Setting Ponsel

Bixby lebih pintar dari  Siri atau Google Assistant dan bisa mengaktifkan/menonaktifkan hampir seluruh setting pada ponsel. Google Assistant bisa melakukan pembayaran tapi tidak bisa menghidupkan fungsi Power Saving. Inilah kecanggihan Bixby.

Untuk setting ponsel yang tidak memiliki fungsi toggle (on/off) anda bisa memerintah Bixby dengan command yang lebih spesifik seperti “Open setting and increase screen resolution”. Perintah tersebut akan menambah ukuran resolusi layar.

Untuk semua setting yang ada fitur toggle-nya (on/off) anda bisa memerintahkan dengan sangat mudah.

Membangunkan Bixby Tanpa Menyentuh Ikon

Untuk menjalankan atau membuka Bixby Voice sendiri anda tidak perlu menyentuh tombol apapun meskipun secara standar ada fitur tombol Bixby Voice . Namun terlebih dahulu harus disetting. Caranya dengan mengaktifkan Voice wake-up pada settingan Bixby. Setelah itu anda cukup mengatakan “Bixby” untuk membangunkannya dan menugaskan untuk menjalankan aplikasi yang anda inginkan.

Membuat Shortcut Command

Untuk memudahkan Bixby mengenali command yang rumit anda bisa membuat Quick Command yang berisi shortcut atau jalan pintas ke perintah-perintah tersebut. Seperti contoh di atas, ketika anda ingin mengubah ukuran font jadi lebih besar maka anda harus mengatakan “Open Settings and increase the font size”.

Nah, perintah tersebut bisa anda sederhanakan dengan membuat Quick Command. Setelah disederhanakan anda cukup mengatakan “increase the font size”.

Untuk membuat shortcut command silahkan buka Bixby Home > My Bixby > Quick Command dan pilih menu Add.

Advertisements

Demikianlah lima kecanggihan yang bisa dilakukan oleh Bixby Voice. Sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan oleh Bixby, namun untuk rilis perdananya tersebut masih banyak command-command yang belum sempurna sehingga terkadang tidak jalan. Menurut Samsung, Bixby bisa menjalankan lebih dari 3000 command. Kita tunggu saja apa lagi yang bisa dilakukan oleh Bixby Voice bersamaan dengan update berikutnya.

Yuk Kenalan dengan Bixby Voice Sebelum Beli Samsung Galaxy S8 – S8 Plus | guniwan | 4.5