Aliran emosi kita, keseimbangan emosional

aliran emosi

Keadaan emosi kita adalah aliran rumit dari emosi positif dan negatif. Emosi ini mengkodekan kenangan bagi kita yang membangkitkan peristiwa sedih atau bahagia.

Keadaan emosi kita adalah aliran rumit dari emosi positif dan negatif.
Keadaan emosi kita adalah aliran rumit dari emosi positif dan negatif.

Ketidakseimbangan antara emosi tersebut terkadang berujung pada gangguan serius seperti depresi dan gangguan stres.

Neuron yang rumit

Mari kita pahami populasi neuron yang rumit ini yang saling menghambat!

Flash Sale Rp 1

Kami selalu dirangsang antara neuron penghargaan kami dan neuron ketakutan kami. Emosi positif dan negatif ini adalah populasi neuron di otak kita, yang salah satunya diaktifkan dan yang lainnya ditekan. Ini menunjukkan bahwa otak kita terus-menerus menyeimbangkan aktivitas antara dua populasi neuron ini. “Pada akhirnya kita memiliki jungkat-jungkit antara perubahan suasana hati yang positif dan negatif”

Misalnya, ketika emosi negatif kita menguasai keadaan mental kita, hal itu dapat menyebabkan perasaan takut, cemas, stres, atau tidak berharga yang luar biasa kuat.

Kita dapat merangsang respons perilaku kita dengan mengirimkan pesan ke otak dengan lebih banyak afirmasi positif dan cinta diri yang dapat menyeimbangkan respons emosional positif dan negatif ini agar mudah diselesaikan.

Berurusan dengan emosi adalah sebuah tantangan!

Emosi positif yang dipicu oleh reaksi seperti kegembiraan, kebahagiaan, minat, rasa ingin tahu, kegembiraan, rasa syukur, cinta, kepuasan membuat kita merasa gembira dan senang. Tapi di sisi lain, emosi negatif seperti kesedihan, stres, kemarahan, kesepian, kecemburuan, kritik diri, ketakutan atau penolakan bisa jadi sulit, terkadang bahkan menyakitkan.

Hadapi itu!

Emosi negatif itu sulit, dan ketika kita memilih untuk memikirkannya terlalu lama, menjadi lebih sulit bagi kita untuk keluar dari keadaan itu.

Emosi negatif tidak dapat dihindari dan kita akan mengalaminya dari waktu ke waktu. Tapi kita harus belajar seni menghadapi mereka.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu Anda mengatasi emosi negatif Anda.

Langkah 1 – Identifikasi perasaan Anda!

Sadarilah perasaanmu

Coba sebutkan apa yang Anda rasakan. Sebagai contoh:

  • Ketidakpeduliannya membuatku merasa tidak dicintai
  • Omelan terus-menerus dari anak laki-laki membuatku begitu sangat marah
  • saya mendapat iri ketika saya ditantang.

Jangan sembunyikan perasaanmu

Mungkin Anda tidak ingin berbagi perasaan dengan orang lain. Tapi jangan menekan apa yang Anda rasakan. Bagikan perasaan Anda dengan seseorang yang Anda percayai. Akui apa yang Anda rasakan alih-alih berpura-pura tidak terjadi apa-apa atau meledak tanpa berpikir.

Pahami mengapa Anda merasakan apa yang Anda rasakan

Cari tahu apa yang membawa Anda ke perasaan ini yang membuat Anda bereaksi dengan cara ini.

jangan salahkan

Mampu mengenali dan menjelaskan perasaan Anda tidak sama dengan menyalahkan seseorang atau sesuatu atas perasaan Anda. Apa yang Anda rasakan berasal dari dalam diri Anda. Dan perasaan Anda pasti ada karena suatu alasan. Jadi mengenali dan mengekspresikannya membantu Anda memahami apa yang sedang terjadi.

Terima semua emosi Anda sebagai hal yang wajar dan dapat dimengerti

Terkadang orang akan mendasarkan penilaian mereka pada pengalaman mereka yang terbatas dengan emosi dan reaksi Anda. Tetapi umpan kasar itu seharusnya tidak mengaburkan penilaian Anda tentang diri sendiri atas emosi yang Anda rasakan. Itu normal jika Anda merasakannya. Mengakui bagaimana perasaan Anda dapat membantu Anda memproses perasaan Anda lebih rasional dan melanjutkan. Anda tidak perlu keras pada diri sendiri.

Langkah 2 – Bertindak untuk reaksi Anda

Setelah Anda memproses perasaan Anda, sekarang Anda dapat memilih untuk mengungkapkannya, atau terkadang hanya mengakui perasaan Anda sudah cukup, dan terkadang Anda ingin melakukan sesuatu yang ekstra untuk membuat diri Anda merasa lebih baik.

Temukan cara terbaik untuk mengekspresikan emosi Anda

Jika Anda memutuskan untuk berkonfrontasi, bicarakan dengan teman Anda atau seseorang yang paling Anda percayai yang dapat berempati tanpa menilai situasi Anda.

Belajarlah untuk mengubah suasana hati Anda, bertanggung jawab!

Pada titik tertentu Anda hanya ingin bersama kebijaksanaan Anda tanpa membaginya dengan siapa pun. Kali ini, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengubah getaran negatif Anda menjadi sesuatu yang lebih positif yang akan membuat Anda bahagia, nyaman, dan lebih banyak lagi tentang diri Anda. Berjalan-jalan, bermeditasi sendiri, mendengarkan musik, memasak makanan untuk diri sendiri, melakukan sesuatu yang selama ini enggan Anda lakukan, mendorong diri Anda melampaui batas, berolahraga, dll. Energi yang terpancar untuk menghadapi tantangan jauh lebih baik.

Bangun emosi positif

Perasaan positif menciptakan rasa tujuan dan makna untuk tindakan dan kesejahteraan Anda. Biasakan untuk memperhatikan dan fokus pada hal-hal baik dalam hidup Anda. Tunjukkan rasa terima kasih kepada harta kecil yang membuat hidup Anda yang tidak sempurna menjadi sempurna dalam banyak hal. Kesadaran diri akan hal-hal baik di sekitar Anda membantu Anda menyalurkan energi negatif ke dalam pikiran yang lebih positif.

Mencari Dukungan – Tidak perlu menderita dalam diam dan tidak ada rasa malu dalam mencari bantuan.
Tidak perlu menderita dalam diam dan tidak ada rasa malu Mencari bantuan.

Temukan dukungan

Terkadang Anda mungkin tidak dapat mengelola ketidakseimbangan emosi Anda meskipun Anda berusaha keras. Maka inilah saatnya untuk beralih ke jaringan dukungan teman dan keluarga Anda untuk mendapatkan dukungan. Orang-orang tepercaya ini mungkin tidak dapat membuat keputusan yang tepat untuk Anda, tetapi perspektif mereka pasti dapat memberikan beberapa wawasan yang akan membantu Anda memproses pikiran Anda dengan lebih baik.

Keluar keringat!

Aktivitas fisik membantu otak memproduksi zat kimia bahagia yang disebut endorfin. Endorfin memicu perasaan positif dalam tubuh, mirip dengan morfin.

Langkah 3 – Dapatkan bantuan dengan emosi yang sulit

Terkadang emosi yang sulit melekat pada kita. Mereka menjadi bagian dari blok mental kita. Dan emosi ini selalu membawa rasa sakit, rasa sakit dan kekosongan ke dalam hidup kita. Emosi semacam ini membutuhkan bantuan ekstra. Di sinilah Anda membutuhkan bantuan profesional. Seorang terapis dapat menyembuhkan Anda dengan lebih baik karena mereka dapat mendengarkan Anda sebagai audiens yang netral, berempati dengan Anda, dan menyarankan cara agar Anda dapat keluar dari emosi negatif tersebut dengan bimbingan, bantuan, tip, dan pengobatan yang tepat jika perlu.

Emosi negatif dimaksudkan untuk melindungi kita dan memotivasi kita untuk menantang batas kita dan tumbuh menjadi orang emosional yang lebih baik dan lebih kuat!

kacang polong

Selalu bayangkan hidup Anda dalam waktu dekat!

Proses ini membantu kita membayangkan diri kita yang terbaik saat kita mencoba untuk melewati keterbatasan kita. Ini memberi kita kejelasan tentang bagaimana kita ingin melihat diri kita sendiri. Anda dapat mempraktikkan ini dengan membuat jurnal pemikiran Anda atau hanya memvisualisasikan diri Anda yang terbaik.

Hari ini saya bersyukur!
Hari ini saya bersyukur!

Latih rasa syukur!

Ini adalah tugas penting untuk menjaga Anda tetap di jalur dan tetap positif. Mengekspresikan rasa terima kasih untuk semua hal baik di sekitar Anda membuat Anda tetap membumi dan diberkati untuk kelimpahan Anda dalam hidup.

Terima kasih kepada semua orang yang menjadi bagian dari hidup Anda atau berkontribusi pada pengalaman hidup Anda. Terima kasih untuk semua hal kecil yang membentuk ekosistem Anda dan membuat Anda tetap hidup dan bahagia. Terima kasih untuk ruang yang Anda miliki, udara yang Anda hirup, matahari yang memberi kehangatan pada hidup Anda, makanan yang Anda makan dan semua orang yang seperti anggota tubuh ekstra Anda untuk memberi Anda banyak stabilitas dan kepercayaan diri dalam hidup dapat menghadapi kehidupan. tantangan!

Lakukan selfcation

Selfcation tidak berarti tidak melakukan apa-apa; itu berarti melakukan apa yang ingin saya lakukan.

Jangan takut, jadilah dirimu
Jangan takut, jadilah dirimu

Beristirahatlah dari pekerjaan rutin Anda. Jelajahi diri Anda dengan semangat pelepasan terbaik Anda. Perlakukan diri Anda dengan hal-hal yang membuat Anda bahagia, hidup, dan berharga.

Artikel

Pikiran positif

Tidak ada yang lain selain kesalahan!
https://www.facebook.com/pallavivyas.in

Flash Sale Rp 1
Flash Sale Rp 1
x