Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root

Ini adalah masalah yang umum dihadapi oleh pengguna saat pertama kali menggunakan smartphone android. Secara default, setiap aplikasi yang diinstall oleh pengguna akan secara otomatis masuk ke internal memory. Dan berapapun besarnya internal memory pasti akan terlibas juga oleh aplikasi-aplikasi yang kita install.

Internal Memory cukup berpengaruh terhadap sistem dan kinerja android, jadi sebisa mungkin kita harus menyisakan cukup banyak untuk memori internal. Dengan cara memindahkan setiap aplikasi android yang bisa dipindahkan (karena ada juga aplikasi yang berkaitan dengan sistem sehingga tidak bisa dipindahkan ke eksternal) untuk dipindahkan ke memori eksternal.

Lalu, bagaimanakah Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root? Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi android yang bernama App2SD yang bisa didownload secara gratis di google play, logo aplikasi App2SD bisa anda lihat dibawah ini:

Logo App2SD Android Apps

Secara singkat, fungsi aplikasi ini adalah untuk memindahkan aplikasi yang semula berada di memori internal ke memori eksternal atau SD card, atau bisa juga sebaliknya dari memori eksternal ke internal dan bagusnya adalah tanpa root android anda.  Panduan penggunaan aplikasi app2 sd untuk Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root adalah sbb:

Setiap aplikasi ini dibuka maka anda akan disuguhi 3 tab yang masing-masing menunjukkan posisi aplikasi. Dibagi menjadi 3 , yaitu movable (daftar aplikasi yang bisa dipindahkan ke SD card), on SD Card (daftar aplikasi yang berada di SD card atau memori eksternal), dan phone only (daftar aplikasi yang berada di internal memory).

Screenshot preview aplikasi tersebut bersama dengan 3 tabnya adalah sbb:

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal

Screenshot diatas menunjukkan ada 7 aplikasi yang bisa dipindahkan ke SD card dari internal memory, dan untuk memindahkannya anda tinggal mengeklik aplikasi yang ingin dipindahkan ke SD card, maka anda akan bertemu dengan menu yang seperti ini:

Bagian Move to External Memory

 

Untuk memindahkannya klik move to SD Card dan begitu juga sebaliknya jika aplikasi yang akan dipindahkan berada di memori internal. Untuk mendownload aplikasi app2SD yang digunakan untuk memindahkan aplikasi android ke SD card tanpa rooting, anda bisa langsung menuju halaman resmi google play dengan mengeklik link dibawah ini:

Unduh App2SD Disini

Jika anda ingin lebih jelas ada baiknya anda melihat video tutorial mengenai cara memindahkan aplikasi android ke SD Card tanpa root dengan App2SD dibawah ini:


Sekian dan selamat mengurangi kapasitas memori internal anda dengan memindahkan aplikasi android ke sd card tanpa root.

56 thoughts on “Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root

  1. aku pake handphone LG L7
    gmana caranya mau mindahin aplikasi ke memori eksternalnya?
    dah mendownload app 2 SD tapi di sana nya gak ada tulisan “move to SD card”
    mohon bantuanya

    1. Gan ane dah coba download apss2dnya tapi blu, mau ke pndh ke sd card. Sd card yang dimakksud di tab ane mash di intrnal memory yang kayak di partisi gitu gan, pesannya sih berhasil memindahkan aplikasi ke sd card tapi bkan external masih di internal memory. Gmana solusinya gan ane pakai andromax tab7

  2. aqu sudah douwnloud aplikasi yg sama dengan di atas. tapi setelah ku buka aplikasi dari phone masi tdk bisa di pindahkan ke eksternal.
    apa yang salahkah ?

    mohon bantuannya..

    1. tidak ada yang salah, karena memang ada aplikasi-aplikasi yang berhubungan langsung dengan sistem ponsel android seperti twitter for android, facebook for android, dll yang tidak bisa dipindahkan ke SD Card.

  3. Kenapa setelah aplikasi2 dipindahkan ke memori eksternal malah jadi tidak bisa dibuka ya? Ketika dibuka, aplikasinya malah force closed. Hp yang kupakai Galaxy W. Mohon bantuannya :))

  4. truz hrz gmana, lw memang ada aplikasi yg scra khusus tetap terinstall di internal memori android, sdngkan applikasi tsbtlah yg mau dipindahkan karena memory hbs oleh beberapa aplikasi tsb, mungkin hanya dg d.root bs bhasil…adakah cra lain, sperti kita mau pindahkan app facebook, mesangger, email kdlm ext memory tanpa d.root terlbh dahulu…? mohon pencerahannya..

  5. itu bisa gak di pakai buat samsung galaxy tab 2,,soalnya pas masuk ke aplikasi tombol “Move To SD Card” gak ada sama sekali (Gak muncul),,mohon bantuanx,,thank’s b4

  6. Cara itu bisa tdk di pakai utk Samsung Galaxy Tab 2 7plus yg sdh pkai Android Ice Cream Sandwich, karena secara di Ice Cream Sandwich ketikan masuk di Manage Aplikasi tdk ada tombol “Move to SD Card”…

    Sedangkan contoh yg di sampaikan sebenarnya sdh ada tombol “Move to SD Card”tp tdk bisa di akses sblm di utak atik…

    Mohon Pencerahannya…

  7. Sy jg menggunakan hp LG L7 ,app2sd tdk bs digunakan,ttpi sy br saja membaca bhw penggunaan file “enable move to SD.bat” bs digunakan tanpa root pl, yg maw sy tnykn apakah ada yg pernah cb? mhn info nya mengingat sy newbie dlm bid android
    Thx

  8. saya sudah coba pakai app ini, tapi di tab SDcard ada tulisan “The device does not have a real primary external Storage, or the primary external storage is emulated. Moving app to SD may not be supported by this device” Saya pakai S3. Bagaimana cara menyelesaikannya? Saya tunggu bantuannya. Terima Kasih

  9. rata2 malah yg gede memorinya emg masuk ke phone
    whatsapp, fb, maps, friendcaster
    jd emg tetep aja deh kyknya
    kecuali kl di root, mungkin bisa
    tp ane lom taw cara nge root

  10. agan2 pke super toolbox z….dijamin klo hp android lu lu pade lum pernah di install via cpu dijamin deh lu bisa mindahin aplikasi n game lu ke memory eksternal lu…selamat mencoba

  11. assalamualaikum.
    saya pake samsung galaxy tab 2, setiap aplikasi yg saya download di androidmarket gak bisa dipindah ke memori external,padahal saya sudah download app to sdcard,tetapi aplikasi tersebut bilang kalo ” the device doesn’t have real primary external storage,or the primary ext storage is emulated. Moving app to function may not supported by this device” inickenapa yah? mohon bantuannya. Trimakasih.

  12. Itu bisa gak di pakai buat samsung
    galaxy y soalnya pas masuk ke
    aplikasi tombol “Move To SD Card”
    gak ada sama sekali (Gak
    muncul)mohon bantuanya!
    Thanks sahabat andro 🙂

  13. galaxy Y udh ada fitur untuk memindahkan lokasi app kan, lantas untuk apa app2sd ini? kalo facebook for android bisa di pindahin ke external memory, baru mantep 🙂

  14. he.he.he.. jawabane muter2….
    skalian ane urun rembug nih gan….

    bagi pengguna ICS…mesti sedikit kecewa..cz..
    emang masih blm bs gan mindah aplikasi/data/apalah namanya….
    ke mem.ext…kecuali ente root dulu.
    cara yg msh dselidiki adalah dg utak_atik environment pd struktur ICS nya. tapi ribet…kalo mau coba…download dulu sdk tool dimari : developer.android.com/

    1. sory nih gan,ane pake Soner Xperia Neo-V..pas ane beli OS bawaan udah ICS(4.0.4) *pdhl di kerdus tulisan uprgadeable to ICS* ,singkat kata hoki lah dpt yg udh ICS dr sananya..di HH ane yg udh ICS, move to SD card ada kok di seting..tnggl pijit menu>>setting>>applicatiion>>manage application>>lgsg ada 3 bgian percis kaya di applikasi apps2SD..tinggal pilih applikasi yg pengen kita pindahin(di kolom unduh) trus klik move to SD.. (emg ga semua app bisa di pindahin gan,kl saran ane mending root aja,kl takut garansi ilang tinggal di unroot)..

      1. dari cara agan masuk ke manage application kok masih kayak cara ginger bread yah. klo di ics kan ga ada manage application? begitu klik “apps” langsung muncul 4 bagian {downloaded, internal(tpi gambarnya sd card), running, all}.

  15. mohon ilmunya…
    semua aplikasi yg bisa dipindahkan ke sd card sudah aku pindahkan ke sd card, tapi kok memory sd nya gitu2 aja yah gk berubah2 disambung ke komputer jg file aplikasi gk ada, padahal udah pindah lho. mohon pencerahan…

  16. saya pake lg l7 dan yg mau sy pindahkan bukan aplikasi yg anda sebutkan diatas yg berhbngn dgn sistem tetap aja ga ada perintah move.masak yg ga berhubngan kyak kamus,game n lain2 ga bisa jg,info anda kurang jelas!

  17. Kayaknya jawaban zaenuri di bawah ini yang betul. Aku udah coba dengan berbagai cara memang gak bisa…
    zaenuri says:
    September 8, 2012 at 12:28 am
    he.he.he.. jawabane muter2….
    skalian ane urun rembug nih gan….
    bagi pengguna ICS… mesti sedikit kecewa..cz..
    emang masih blm bs gan mindah aplikasi/data/apalah namanya….
    ke mem.ext…kecuali ente root dulu.
    cara yg msh diselidiki adalah dg utak_atik environment pd struktur ICS nya. tapi ribet… kalo mau coba…download dulu sdk tool dimari : developer.android.com/

  18. leh nimbrung mklum msh newbie…..gw pake samsung galaxy tab 2 7plus gw dah coba mindahin appx tanpa root tp nda brhasil….gw dah baca2 nih komen2 ente pade jd byk prtanyaan gw nih…
    1. apkah klw dah d root dah jln “move to sd”x gan????
    2. apkh nda trjadi konflik atw crash pd sistemx jika dah d root???
    3. ap dah d coba smuax mulai dr hp & tabletx mulai dr versi jadul ampe modernx???
    4. smua dlm android baik dr android 2 ampe 4 tiap ponsel maupun tabletx smua pengaturan atw settinganx berbeda-beda. apkah sma smua rootx???

    i2 sj gan prtanyaanx maaf kebanyakan prtanyaanx krn gw msh bingung nyarix d tablet gw dah mo sekarat…..hehehehehe 🙂

    1. 1. Gak jamin gan, soal galaxy tab nggak bisa pake app2sd mungkin karena aplikasi ini gak support buat tablet (review saya buat smartphone).
      2. Nggak. SOal efek, agan bakal punya akses lebih sebagai admin di HH milik agan. Soal efek negatif, garansi hilang. Tapi hal itu bisa diatasi dengan unroot.
      3. Kalo itu, coba cek halaman resmi app2sd di google play. Disana sudah dijelaskan detail aplikasi beserta yang support
      4. Secara sistem, beberapa sama karena sama-sama android. Tapi kalo tiap merk sama tiap tipe punya cara sendiri2.

      Semoga membantu 🙂

  19. sory nih gan ane nimbrung,ane pake Soner Xperia Neo-V..pas ane beli OS bawaan udah ICS(4.0.4) *pdhl di kerdus tulisan uprgadeable to ICS* ,singkat kata hoki lah dpt yg udh ICS dr sananya..di HH ane yg udh ICS, move to SD card ada kok di seting..tnggl pijit menu>>setting>>applicatiion>>manage application>>lgsg ada 3 bgian percis kaya di applikasi apps2SD..tinggal pilih applikasi yg pengen kita pindahin(di kolom unduh) trus klik move to SD..jadi gausa dwnlwd aplikasinya,lmyn gan increase HH performance kl Internal memorynya agk di legain.. (*emg ga semua app bisa di pindahin gan,apalagi applikasi bawaan..kl saran ane mending root aja,kl takut garansi ilang tinggal di unroot)

  20. udah download App2SD udah cukup lama, nah tapi kok pindahnya cuma ke SD Card yg ada di handphonenya sendiri ya? (Aku liat2 komentar juga banyak yg gitu..) Jadi, itu sebenernya bisa untuk pindah ke External SD atau cuma ke SD Card aja ya? Takutnya Samsung Galaxy Ace Plus ku yang salah, atau emang harus di ~root~ dulu gitu kah? 😮

    -thanks

  21. knp saya gak bisa pindahkan aplikasi ke memory card ya,,, paling cuma bisa pindah antara memory telpon ke memory internal,atau dari mmry internal ke mmry telpon ,,, aneh,, padahal tertera dan os android jelly bean di mito t510 .. bahkan saya dah download app2sd pun tetap sama ,gk ada pilihan ke mmry card.. andai kata masok ke aplikasi app2sd pun walau tertera sd card ,,, tetap pas di cek memory internal yg terpakai … aneh , pas saya pakai hp android sblm nya,,, bisa kok pindah ke mmry card,bahkan tanpa aplikasi bantuan sprti app2sd ,, sblm nya saya pakai hp android smartfren andromax i ,, kluaran produk hisense ,, os android nya ICS 4.0.1 mohon bantuan nya ya ,,,, gerem saya sprti ini,rasa nya pingin komplin ke mito atau ke mana gtu ,,, mendadak tidak memuaskan krna mau mendownload aplikasi tp terbatas

  22. ah payah nih, ga kasih solusi yg bener, dah pada nanya jg kaga dijawab, g punya LG L9 kaga bisa move app2sd, alasan the device does not have a real primary bla2 …

  23. aq pake hp IMO blast kira-kira bisa ga yahh pake aplikasi itu ?? soal ne memori internal di IMO sdikit bngt jadi ga bisa banyak-banyak download aplikasi!!!

    mohon kasih saran ea untuk yang tau 🙂

Leave a Reply