time 4 months yang lalu di topik #Tips dan Trik

Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Virus

Advertisements

Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Virus – Smartphone android yang sering digunakan untuk berselancar di dunia maya atau pun dicolokkan ke PC tentu tidak akan terhindar dari yang namanya virus. Hal ini mengingat 9 dari 10 virus yang ada di dunia memang sengaja diciptakan untuk menginfeksi berbagai macam smartphone android dengan tujuan merusak atau pun mematikan beberapa fitur yang ada.

Nah jika pada saat ini hp android yang kalian miliki sudah terinfeksi oleh virus berbahaya, ada baiknya bagi Anda melakukan penanganan yang tepat dengan beberapa cara yang akan kita bahas pada artikel di bawah ini!


Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Virus Ganas

Cara Mengatasi HP Android Yang Terkena Virus Ganas

Berikut ini gendruk.com akan memberikan beberapa cara mengatasi hp android yang terkena virus berbahaya. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:


Download Avast Antivirus

Cara mengatasi hp android yang terkena virus ialah dengan mendownload aplikasi Avast Antivirus terlebih dahulu. Download aplikasi tersebut di Google Play Store untuk mendapatkan aplikasi yang aman. Setelah berhasil di download, jangan langsung di scan terlebih dahulu. Akan tetapi perbarui database virus yang ada melalui menu setting yang ada di Avast Antivirus.

Baca Juga  Snapseed : Aplikasi Editing Foto Pesaing Instagram Dari Google
Advertisements

Matikan Seluruh Kuota Data

Setelah database antivirus berhasil diperbaru, langsung saja gunakan mode pesawat terbang. Kenapa harus off data terlebih dahulu? Hal ini mengingat virus yang menyerang android bisa saja mengirim data kepada server pencuri perihal adanya aplikasi antivirus yang Anda install guna menghapus virus tersebut. Ini juga mencegah agar virus tersebut tidak berpindah tempat terlebih dahulu.

Lakukan Scanning Aplikasi

Setelah kuota data berhasil dimatikan (menggunakan mode terbang), maka langsung saja kalian lakukan scanning terhadap aplikasi yang sudah Anda install. Tunggu proses scanning yang berjalan sampai selesai. Ingat, jangan pernah keluar jendela aplikasi Avast Antivirus. Setelah berhasil discan lihat hasilnya. Apakah ada aplikasi aneh di sana. Jika ada langsung hapus aplikasi tersebut. Jika masih belum ada, lakukan cara berikutnya!

Lakukan Scanning Internal Dan Eskternal Memori

Jika dirasa tidak ditemukan virus dalam aplikasi yang ada, bisa jadi virus tersebut bersarang dalam memori internal atau pun eksternal hp android Anda. Segera lakukan scanning terhadap kedua penyimpanan ini dan tunggu hasilnya. Apabila ada file atau berkas berbahaya, maka langsung saja hapus berkas tersebut dan jangan dikarantina.

Setelah virus berhasil terhapus, kalian juga bisa menghapus aplikasi Avast Antivirus ini guna menghemat RAM HP android yang kalian miliki. Seperti yang kita tahu, aplikasi antivirus merupakan aplikasi yang banyak memakan kapasitas RAM.

Baca Juga  Cyrus Chat Harga Spesifikasi, Android Qwerty Murah 1 Jutaan

Oke, itulah tadi cara mengatasi hp android yang terkena virus ganas dengan cepat. Semoga informasi di atas bermanfaat 🙂

Advertisements