time 1 week yang lalu di topik #Tips dan Trik

Mau Tahu Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya?

Apa kabarnya hari ini? Mungkin selalu dalam kondisi baik dan sehat. Pada kesempatan ini saya akan membahas tutorial cara mengurangi atau mengecilkan ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitas. Bagi agan yang beraktifitas di dunia blogging, harus berusaha agar halaman webnya bisa dimuat lebih cepat dan ringan. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi ukuran gambar yang menempel pada blog. Ini bisa mempercepat pemuatan halaman sekaligus menciptakan blog yang bagus di mata Google dan pengunjung.


Tidak hanya untuk agan yang berkecimpung di dunia blogger sebenarnya tips ini. Tapi untuk semua orang yang melakukan akrifitas upload foto di Internet, bisa Whatsapp, Facebook, Line, dan lain-lain. Fungsinya untuk mempercepat proses upload gambar sambil menghemat konsumsi data kuota internet. Dalam tutorial ini saya akan memberikan beberapa metode, yaitu metode tanpa aplikasi namun memerlukan koneksi internet dan metode tanpa perlu koneksi internet namun harus menggunakan aplikasi. Silakan pilih mana yang paling mudah.

CARA MENUNJUKKAN GAMBAR GAMBAR TANPA MENGURANGI KUALITAS

1. Menggunakan Compress Photo App

Aplikasi Photo Editor Pro

Advertisements

Untuk tutorial resize / mengecilkan ukuran foto yang pertama ini memerlukan aplikasi Android yang disebut Photo Editor Pro dan tanpa koneksi internet, aplikasi ini gratis banget. Anda bisa memilih kualitas kompres berdasarkan persentase, dari 1% sampai 99%. Pengoperasiannya cukup mudah, pilih saja gambar yang ingin anda agan kurangi kualitasnya dan klik Compress. Cobalah persentase. Jika ukurannya masih terlalu besar bisa dikurangi lagi persentase atau berkurang ukuran resolusinya. Aplikasi ini mampu mengubah ukuran dan memotong juga. Jika belum punya aplikasi silahkan download dulu.

Baca Juga  Cara Edit Foto di HP Android
Advertisements

2. Mengurangi Ukuran Gambar Online Dengan TinyPNG

Untuk metode ke 2 ini menggunakan layanan dari situs pihak ketiga. Untungnya anda tidak perlu memasang aplikasi apapun, cukup kunjungi website TinyPNG website. Namun kekurangannya harus mengupload file gambar asli dan mendownload file gambar yang telah direduksi dalam ukurannya. Di sini Anda juga dapat menyimpan ukuran yang dikurangi ke DropBox.

3. Mengurangi Ukuran Gambar Online Dengan ILoveIMG

Untuk cara ke-3 sama dengan cara ke 2 yang sebenarnya, itu hanya dengan menggunakan situs web yang berbeda. Situs yang saya gunakan kali ini adalah ILoveIMG. Ada yang bilang situs ILoveIMG lebih mudah digunakan daripada situs TinyPNG. Tapi menurut saya itu sama saja, bedanya situs ILoveIMG bisa memampatkan tipe animasi atau gambar GIF.

Prosesnya sama saja, cukup upload gambar yang ingin anda kurangi ukurannya dan tunggu sampai proses kompresi selesai. Sebenarnya Anda juga bisa mengecilkan gambar tanpa proses upload, yaitu live input file gambar yang akan dikurangi ukurannya melalui Google Drive atau DropBox. Setelah itu download gambar yang telah dikompres tadi. Jika ukurannya masih kurang kecil, Anda bisa mengulang proses ini sampai Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Nah, mudah bukan tips untuk melakukan Cara Meminimalkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Mutu. Banyak sekali yang belum cara merubah ukuran gambar seperti yang telah kami rangkum seperti ini. Kebanyakan setipa ubah ukuran pasti berpengaruh pada kualitas gambar, dan tentu semua termasuk saya sendiri sangat tidak inginkan itu. Dan untuk itulah Kami disini membagikan cara ini biar nanti saat ingin merubah ukuran gambar atau foto bisa tetap dalam hasil kualitas yang sama.

Baca Juga  5 Aplikasi Edit Background Foto Agar Lebih Kece

Itu adalah ulasan tentang Cara Menurunkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Mutunya. Semoga dengan mendengarkan diskusi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan solusi bagi Anda yang ingin melakukan kompres foto. Silahkan berkomentar dan jangan lupa bagikan jika dirasa ulasan ini bermanfaat bagi yang lainnya.

Advertisements